Pemerintah Kota Makassar
News

Raih WTP, SYL: Ini Penghargaan ke 186 Untuk Sulsel



WTP
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo Raih WTP

MAKASSAR,INIKATA.com- – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sambutannya mengungkapkan,  penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ini, menambah jumlah penghargaan yang diraih pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sulsel kata SYL, telah mendapatkan 186 penghargaan nasional. “Dalam satu bulan ini saja, kami mendapatkan 5 penghargaan nasional. Dari 186 ini, kalau dibagi 7 tahun, maka setiap dua minggu pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat penghargaan nasional,” ungkap SYL dalam rapat paripurna istimewa DPRD Sulsel, dengan agenda penyerahan LHP BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Sulsel, tahun anggaran 2015, Jum’at (10/6/2016).

SYL juga menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap seluruh pihak atas prestasi yang diperoleh pemerintah Sulsel ini.”Ini rahmat ramadan bagi kami. Ini prestasi bukan hanya prestasi gubernur dan jajaran pemerintah saja. Ini prestasi semua perangkat pemerintah daerah Sulsel, dan seluruh anggota DPR, dan kita semua,” tambah SYL.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keenam kalinya, atas pemeriksaan BPK RI terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2015.

“Dapat disimpulkan dari penyusunan laporan keuangan Provinsi Sulawesi Selatan, telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Kami bertepatan hati untuk memberikan opini kepada Pemerintah Sulawesi Selatan, dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dan Sulsel telah meraihnya selama enam kali,” Kata Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis.

Pemberian WTP ini kata Azhar, merupakan amanat undang-undang nomor 15 tahun 2004 dan undang-undang nomor 15 tahun 2006. Pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran LKP Sulsel tahun 2015.

Hal ini dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian internal.

Harry juga mengungkapkan, peraihan Opini WTP Provinsi Sulawesi Selatan ini, merupakan penghargaan yang keenam kalinya secara berturut-turut.

“Kami mengapresiasi atas pencapaian target dalam proses pembangunan daerah 2015 di Sulsel. Pencapaian opini WTP ini adalah keenam kalinya bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” tambah Harry.

Selanjutnya kata Harry, pemerintah Sulawesi Selatan harus menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI.
“Laporan ini akan lebih bermanfaat jika ditindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK RI, selamabat-lambatnyanya 60 hari setelah diterimanya LHP ini. DPRD sebagai lembaga perwakilan mempunyai fungsi pengawasan dengan melakukan pembahasan bersama, dengan kepala daerah sesuai dengan kewenangannya,” tutup Harry.

Dalam rapat paripurna itu juga, Ketua BPK RI, Harry Azhar Aziz menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo atas peraihan WTP. (*)

 


Iklan Jitu Inikata.com

Berita Terkait

Komentar

To Top