Pemerintah Kota Makassar
Politik

Unggul di Survei, Nurdin Abdullah Belum Tentu Menang di Pilgub Sulsel



Direktur Scirpt Survei Indonesia Yuhardin ketika memaparkan hasil surveinya jelang Pilgub Sulsel 2018.
Direktur Scirpt Survei Indonesia Yuhardin ketika memaparkan hasil surveinya jelang Pilgub Sulsel 2018.

MAKASSAR, INIKATA.com‎ – Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Scirpt Survei Indonesia (SSI) Bupati Nurdin Abdullah sebagai pendatang baru di Pilgub Sulsel 2018 dianggap kuat dari para lawan-lawannya.

“Waktu kita pengumpulan data kurang lebih sebulan, dari 25 Mei hingga 15 Juni 2016, Sementara Pilgub Sulsel sisa dua tahun lagi. Jadi kemungkinan masih bisa berubah,”kata Direktur Eksekutif SSI Yuhardin di Grand Hotel Clarion, Minggu (26/6/2016).

Kuatnya, Nurdin Abdullah di Pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Selatan 2018 karena Nurdin Abdullah dianggap berprestasi sebagai bupati. Selain itu dia pun berpengalaman di pemerintahan.

“Calon yang menang survei belum tentu menang Pilkada. Semua tergantung kerja-kerja tim dan calon pendampingnya. Kami belum gambarkan soal simulasi pasangan. Nanti setelah KPU menetapkan calon,”katanya.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage rendom sampling, dengan jumalah responden 820 orang, margin of error 3,5 persen,survei dilkukan dengan cara kuesioner dan dilakukan dengan tatap muka.

‘kita tanyakan siapa calon yang diinginkan. Hampir seluruh responden menginginkan Nurdin Abdullah diangka 34,1 persen,”tutur Yuhardin.

Selain Nurdin Abdullah yang berada di posisi utama, dibawahnya terdapat Aziz Kahar Mudzakkar 10,5 persen, diikuti Ichsan Yasin Limpo 10,5 persen, Agus Arifin Numang 8,2 persen, Burhanuddin Andi 3,2 persen, Rudianto Asapa 2,6 persen, Luthfi AndiMutty 2,6 persen, La Tinro La Tunrung 2,6 persen, Akbar Faisal 2,4 persen, Rusdi Masse 2,2 persen, Erwin Aksa 0,6 persen, Andi Ridwan Witri, 0,5 persen, Abdul Rivai Ras 0,5. Persen, Tamsil Linrung 0,5 persen, dan Andi Tanribali Lamo 0,3 persen. Sedangkan belum menentukan pilihan 18,8 persen.

Sedangkan untuk popularitas dari 15 nama yang ada, dan disaring menjadi empat nama, Ichsan Yasin Limpo bertengger di urutan pertama dengan nilai 69,8 persen, Diikuti Aziz Kahar Mudzakkar 68,0 persen, Agus Arifin Numang 66,0 persen, daan Nurdin Abdullah 56,8 persen.

“Meski popularitas NA kalah dari IYL. Tapi cenderung pemilih melihat dari segi trackrecord satu kandidat. Apalagi dengan boomingnya di media.Selama ini NA dianggap telah berhasil memimpin Bantaeng,”ucapnya. (*)

Penulis: Ardiansyah Razak Bakri


Iklan Jitu Inikata.com

Berita Terkait

Komentar

To Top