oleh

Bisikan Jokowi ke Paskibraka, Ungkap Kejujuran Seorang Presiden

INIKATA.com– Tidak banyak yang tahu, saat upacara penurunan bendera di Istana Negara, yang masih dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indoensia (RI) ke-72, Presiden Jokowi sempat lupa tata cara teknis pada momen sakral tersebut.

Jokowi, dalam akun resmi media sosial (medsos) fanspage facebook miliknya, dia berkisah akan suatu momen, saat seorang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang bertugas membawa bendera Ruth Cheline Eglesya Purba.

Kala itu, Ruth, begitu biasa paskibra cantik itu di sapa menyodorkan baki yang diatasnya di taruh bendera pusaka, akan tetapi, Jokowi lupa apakah bendera diambil dengan baki atau hanya bendera saja, dia pun membisik ke telinga Ruth, lalu menanyainya soal itu.(**)

Berikut kutipan langsung Presiden soal momen tersebut:

Sebenarnya kejadian ini tak seorang pun yang tahu di luar saya dan Ruth. Ya, hanya saya dan Ruth Cheline Eglesya Purba, pembawa baki Bendera Merah Putih saat upacara Penurunan Bendera 17 Agustus, Jumat sore lalu.

Ketika sang pembawa baki dengan bendera terlipat di atasnya melangkah berderap lewat undakan tangga dan mengangsurkannya ke hadapan saya, saya benar-benar lupa: yang harus diangkat bakinya atau hanya kain bendera di atasnya.

Baki kuningnya sudah saya pegang. Untunglah, Ruth begitu dekat dan saya berbisik. “Ruth, ini yang diambil bendera atau bakinya?”
Ruth balas berbisik,“Bapak, hanya benderanya saja.”

Ya, sudah. Untung bisikan saya tidak ada yang dengar Pak Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berdiri dekat saya pun tidak mendengarnya.
Mengapa saya sampai lupa? Karena tidak ikut gladi upacara penurunan bendera. Tapi, Alhamdulillah, upacara berjalan dengan baik.(**)

Komentar

Topik Terkait