oleh

Amankan Rp 15 Juta, Saber Pungli Polrestabes Surabaya OTT di Kantor Imigrasi Perak Surabaya

SURABAYA, INIKATA.com – Dua orang tersangka yaitu 1 PNS yang bekerja di kantor Imigrasi I Tanjung Perak Surabaya dan 1 orang biro jasa dalam sebuah OTT (Operasi Tangkap Tangan) yang dilakukan oleh tim saber pungli Polrestabes Surabaya.

Dua orang tersebut berinsial JPG (39) warga Jakarta Barat dan AW(43) warga Pakal Surabaya.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard Sinambela mengatakan modus tersangka yaitu mencari tambahan penghasilan di luar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dalam pengurusan passport di kantor Imigrasi kelas I Tanjung Perak Surabaya.

“ Saat kami geledah di kantornya kami amankan satu tas selempang yang berisikan uang sebanyak Rp 15 juta,”ungkap mantan wakasatreskrim Polrestabes Surabaya di Mapolrestabes Surabaya, Senin (6/11).

Dalam pemeriksaan keduanya, sambung Leonard, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 6 orang saksi diantaranya 2 dari kantor imigrasi, 2 orang dari biro jasa, 2 orang petugas kepolisian.

Sementara itu, dalam pengungkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain uang tunai Rp 15 juta, 1 unit ponsel dan tas selempang. Sedangkan untuk pasal yang dijeratkan yaitu pasal 5 dan atau pasal 11 UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan sanksi pidana 5 tahun penjara.

Sekedar diketahui, pada Kamis (2/11) malam tim saber pungli Polrestabes Surabaya melakukan OTT di kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya di jalan Darmo Indah Surabaya. (**)

Komentar

Topik Terkait