oleh

Ajuan Surat Praperadilan Jen Tang Ditolak, MH Bilang Kejati Tak Cacat Prosedural

-Hukum-0 views

MAKASSAR, INIKATA.COM – Majelis hakim akhirnya menolak gugatan surat praperadilan yang diajukan oleh tersangka kasus tindak pidana korupsi, penyewaan lahan negara di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Soedirjo Aliman alias Jen Tang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jumat (24/11/2017).

Surat tersebut diajukan terhadap termohon Kejaksaan Tinggi (Kejati) wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) lantaran telah menetapkan sebagai tersangka, Jen Tang.

Wali Kota Dani Fatma

Penolakan tersebut, setelah bukti TI sampai dengan T13 sudah berada dalam wilayah penyidikan.

“Termohon telah penuhi dua alat bukti yang cukup berdasarkan surat-surat, bukti yang diajukan,” ujar Harto pancono, Majelis Hakim Tunggal, saat membacakan putusan sidang di PN Makassar.

Menurutnya, hal itu tidak mengurangi kualitas dari substansi materi perkara. Dalil dari surat yang diajukan oleh pemohon, tidak menunjukkan bahwa termohon cacat prosedur.

“Jadi dengan ini, kami menolak praperadilan pemohon,” ungkapnya.

Dalam pertimbangannya, Harto menyebutkan terkait penetapan tersangka oleh Kejati selaku termohon terhadap pengusaha reklamasi kawasan Makassar, dalam dakwaan sudah sesuai dan tak sama sekali cacat prosedural.

Menanggapi putusan hakim, Tim kuasa hukum pemohon, Zamzam mengaku apa yang diputuskan oleh kliennya menjadi pertimbangan sepenuhnya oleh hakim.

Namun, hanya saja ada sedikit keliru. Sebab, tidak mempertimbangkan materi perkara seperti penyelidikan sebelum kliennya ditetapkan sebagai tersangka.

“Sebenarnya agak keberatan, hanya karena upaya hukum sesuai dengan aturan, tidak bisa lagi dilanjutkan. Ya, kita terima apa yang jadi pertimbangan hakim,” imbuhnya.

Zamzam menambahkan, pihaknya tetap menghargai keputusan tersebut. Begitupun dengan langkah selanjutnya yang akan ditempuh.

“Kami diskusikan dulu dengan seluruh timn termasuk para klien,” pungkasnya.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait