oleh

Karena Ini, Prapradilan Setya Novanto Terancam Gugur

-Hukum-5 views

INIKATA.com – Praperadilan yang diajukan oleh Setya Novanto terancam gugur. Penyebabnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera merampungkan berkas pemeriksaan ketua DPR yang menjadi tersangka korupsi e-KTP itu. KPK akan segera melimpahkan berkas ke pengadilan.

Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis mengatakan, jika berkas penyidikan Novanto rampung sebelum gugatan praperadilan disidangkan, secara hukum praperadilan akan gugur. Menurutnya, sikap KPK ini sangat berpengaruh pada upaya praperadilan Novanto.

Wali Kota Dani Fatma

“Menurut KUHAP pelimpahan pokok perkara ke pengadilan berakibat praperadilan gugur,” katanya di Jakarta Jumat (24/11).

Menurut dia, pelimpahan pokok perkara ke pengadilan otomatis menjadi alasan mengugurkan keabsahan praperadilan. “Jadi, begitu pokok perkara dilimpahkan dan diregister di pengadilan, maka sejak saat itu praperadilan gugur,” bebernya.

Sidang praperadilan Novanto rencananya akan digelar perdana pada 30 November mendatang. Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut berkas Novanto segera rampung. Menurutnya, KPK mengantisipasi praperadilan yang diajukan Novanto ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Dua-duanya kita lakukan. Persiapan di praperadilan secara matang juga kita siapkan. Kemungkinan melimpahkan juga kita siapkan. Kita nanti melihat mana yang visibel bagi KPK,” ujar dia, Jumat (24/11).

Agus mengatakan bahwa persiapan praperadilan juga sudah dilakukan sangat matang. “Mudah-mudahan, kita persiapannya di praperadilan juga jauh lebih matang dibandingkan yang kemarin,” tukasnya.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan berkas Novanto baru akan dilimpahkan ke pengadilan jika semua bukti lengkap.

“Target KPK, bukti lengkap sempurna baru dilimpahkan ke tahap berikutnya. Kekuatan bukti nggak mau tergesa-gesa, abaikan aspek, bukti kuat, pasti masuk persidangan,” tuturnya. (Jawapos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait