oleh

Waduh, Uang Rupiah Baru Bisa Luntur?

INIKATA.com – Diterbitkannya uang rupiah baru ternyata juga memunculkan berbagai isu. Isu-isu seperti uang yang berlogo PKI, tidak laku sebagai alat tukar di luar negeri, hingga bahan uang yang dikatakan mudah luncur.

Sayangnya, banyak netizen yang ternyata mempercayai hoax-hoax yang beredar terkait rupiah baru tersebut.

Menemukan posting netizen yang percaya bahwa uang rupiah baru mudah luntur sangat gampang. Banyak ditemukan di Instagram, apalagi Facebook. Bahkan, ada yang menyebarkan video berisi uji coba merendam uang Rp 50 ribu pecahan baru di dalam mangkuk berisi air.

Salah satu akun yang menyebarkan video out ialah akun Facebook L Roy Hakim. ’’Gila! Uang baru bisa luntur! Nyetaknya pake apaan ye?’’ tulis L Roy Hakim. Dia membagikan foto uang Rp 50 ribu pecahan baru yang tampaknya habis dicelupkan di air.

Selain L Roy Hakim, akun Instagram yang mengatasnamakan MCA.muslimcyberarmy membagikan foto serupa. ’’Sayang tuh duit,’’ tulis akun MCA.muslimcyberarmy.

Jawa Pos berusaha mencari jawaban isu itu dari Hasiholan Siahaan. Ketua Dewan Pengawas Peruri sekaligus deputi direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia itu mengatakan bahwa uang rupiah dicetak dengan tinta security khusus. ’’Tentunya punya ketahanan terhadap air. Dalam kondisi normal sulit untuk luntur apabila terkena air biasa,’’ jelasnya.

Namun, jika uang tersebut sengaja dirusak dengan dicelupkan pada bahan kimia tertentu, tinta bisa jadi luntur. ’’Terkait gambar yang beredar, tentu kami sulit menyimpulkan karena fisik uang tersebut perlu diteliti di laboratorium Bank Indonesia,’’ terangnya. (Jawapos)

Komentar

Topik Terkait