oleh

Kejar-Kejaran Bak Film Action, Dua Pelaku Curat Berakhir Diciduk Polisi

MAKASSAR, INIKATA.com – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan sangat serius dalam menekan tindak kejahatan di wilayah Sulawesi Selatan.

Melalui Tim Reserse Mobile (Resmob) Polda Sulsel melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya tindakan pelaku-pelaku kejahatan, apalagi saat musim-musim hujan.

Dinihari tadi, Kamis (21/12/2017) sekiranya pukul 03.00 WITA, berlokasi di Jl AP Pettarani VIII, Kecamatan Panakukkang, Makassar berhasil diamankan dua pelaku percobaan pencurian dengan pemberatan atau dor to dor.

Keduanya masing-masing beridentitas, Syamsuddin Dg Sita alias Udin (35) warga Jl Andi Tonro Bontokamase, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, dan Dawi (28), warga Jl Moncongloe Emas, Kecamatan Moncongloe, Maros.

Saat itu, Tim unit Resmob Polda Sulsel yang dipimpin langsung oleh Kanit Resmob, AKP Edy Sabhara sedang melakukan giat patroli dan melintas di wilayah Jl AP Pettarani.

Terlihat, ada sebuah mobil jenis Toyota Avanza berwarna Silver dengan nomor plat DD 8705 RP yang mencurigakan dalam keadaan terparkir di pinggir jalan. Saat diperiksa, mobil tersebut justru mencoba menabrak petugas.Tembakan peringatan melayang ke arah ban, pelaku tetap menancap gas kendaraannya dengan melaju kencang.

Terjadilah aksi kejar-kejaran di Jl Racing Center menuju Perintis Kemerdekaan – Urip Soemohardjo – lalu ke arah Veteran. Saat di wilayah Veteran Selatan, petugas malah kehilangan jejak.

Kendati demikian, dilakukan penyisiran di wilayah tersebut. Ditengah aksi penyisiran, terlihat mobil sudah berganti nomor plat menjadi DD 1328 LC di Jl Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Makassar.

Saat diperiksa, ada empat orang yang diduga pelaku keluar dari mobil. Ketiganya, berupaya melarikan diri. Tak tinggal diam, anggota Unit Resmob Polda Sulsel kembali meletuskan 3 kali tembakan peringatan ke udara. Namun, mereka tetap mengindahkannya.

Dengan terpaksa, petugas pun meletuskan tembakan mengarah ke kaki kedua pelaku. Kendati demikian, langsung diamankan oleh petugas. Keduanya, langsung mendapatkan perawatan medis di RS Bhayangkara.

“Dua nya terpaksa dilumpuhkan, karena berupaya kabur. Sementara, yang keduanya berhasil kabur. Tapi, kami akan mengejarnya setelah dilakukan pemeriksaan kedua pelaku,” kata AKP Edy Sabhara, Kanit Resmob Polda Sulsel, Kamis (21/12/2017).

Katanya, keempat pelaku hendak beraksi di beberapa wilayah kota Makassar. Ditangan kedua pelaku, berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa 1 buah gunting pemotongan gembok, 2 buah linggis, 2 buah besi pencungkil, 2 buah balok kayu, 1 set dongkrak, 2 bilah badik, 1 buah kunci roda, 1 karung plastik kosong.

“Keduanya beserta barang bukti diamankan di Posko Resmob Polda Sulsel. Setelah itu, akan diserahkan ke Polrestabes Makassar,” ungkap Edy. (**)

Komentar

Topik Terkait