oleh

Napi Lapas Berhasil Kabur Akibat Petugas Yang Teledor

MAKASSAR, INIKATA.com – Pengamat Hukum Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Porf. Marwan Mas menegaskan bahwa tahanan nara pidana Lapas Klas 1 Makassar merupakan kelalaian dari petugas lapas itu sendiri.

“Kalau tahanan kabur, berarti itu merupakan kelalaian dari pegawai lapas. Itulah salah satu penyakit pegawai lapas yang sering lalai dalam menjalankan tugasnya sehingga tahanan berhasil kabur,” ungkap Prof. Marwan saat dikonfirmasi Inikata.com melalui telepon selulernya, Rabu (3/1/2017).

Tahanan bisa kabur, kata Marwan karena petugas lapas yang memang sering ceroboh dalam menjalankan tugasnya seperti ada yang tidur.

“Orang yang jaga seharusnya tidak boleh tidur. Kan ada siftnya masing-masing. Aturan di lapas sendiri itu setiap penjaga memilik jam menjaga. Jadi yang ingin menjaga itu, seharusnya terlebih dahulu memperiapkan tenaga untuk jaga,” ujarnya.

Seorang nara pidana yang lari, lanjut Marwan, itu serta merta tidak dilakukan secara cepat, pasti seorang napi sudah merencanakan jauh sebelumnya.

“Bisa saja mereka membuat rencana misalkan mendobrak tembok dan membocor genteng. Itu kan tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi. Pada saat melihat petugas lengah sang tahanan langsung memanfaatkan momen tersebut,” bebernya.

Untuk antisipasi, kata dia harus dimulai secara berjenjang, seperti Kepala Lapas memperingati bawahannya, dan bawahannya memperingati lagi penjaganya.

“Artinya memang harus dibawah pengawasan berjenjang,” singkatnya.(**)

Komentar

Topik Terkait