oleh

Nasib Nahas Penambang Pasir Dan Batu Yang Tewas Tertimpa Longsor

BOYOLALI, INIKATA.com – Nasib nahas dialami seorang penambang pasir dan batu di wilayah Kali Apu, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali, Selasa (22/1). Korban yang diketahui bernama Kani (30) tewas setelah tertimpa longsoran material di lokasi penambangan tersebut.

Informasi yang dihimpun, sebelum kejadian, Kani tengah bekerja menambang pasir dan batu bersama beberapa rekannya di kawasan lereng gunung Merapi tersebut. Saat melakukan penambangan, korban bersama dengan dua rekannya yakni Kuat (28), warga Desa Klakah, dan Gimar (40) warga Desa Wonolelo, Kecamatan Selo.

Tiba-tiba tebing di lokasi penambangan setinggi sekitar 10 meter longsor dan mengenai korban. Saat itu, material tambang yang terdiri atas batu dan pasir menimpa tubuh Kani, termasuk bagian kepala. Sementara Kuat, Gimar, serta penambang lain lolos dari peristiwa nahas tersebut dan langsung menolong Kani.

“Korban sempat dilarikan ke Puskesmas setempat, akan tetapi nyawanya tidak tertolong,” terang Camat Selo Jarot Purnama saat dihubungi wartawan, Rabu (24/1/2018).

Terkait peristiwa tersebut, pihaknya menghimbau kepada para penambang untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Apalagi, rutinitas hujan makin intensif. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahaya longsor menghantui para penambang.

“Intinya lebih hati-hati dan waspada,” kata Jarot melalui pesan singkat.

Senada, Kapolsek Selo Iptu Margono mengatakan, agar penambang lebih meningkatkan kewaspadaan saat melakukan aktifitas. Pasalnya, resiko tinggi hingga kematian membayangi proses penambangan sirtu di wilayah tersebut.

“Jangan sampai lengah dan jangan terlalu mengambil resiko dalam penambangan,” jelas Kapolsek singkat. (**)

Komentar

Topik Terkait