oleh

Barcelona Terhindar Dari Latah Dua Klub Asal Madrid

INIKATA.COM – Barcelona terhindar dari latah dua klub asal Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid. Bermain di Camp Nou, Barcelona menang 2-0 saat menjamu Espanyol, Jumat (26/1) dini hari WIB. Dengan hasil itu, Blaugrana – julukan Barcelona, lolos ke semifinal Copa del Rey 2017-2018 dengan keunggulan agregat 2-1.

Seperti diketahui, Atletico dan Madrid sama-sama tersingkir di perempat final. Setelah Atletico disingkirkan Sevilla, sehari setelahnya Madrid latah. Tim asuhan Zinedine Zidane itu secara mengejutkan disingkirkan tim medioker CD Leganes. Ironisnya, kepastian mereka tersingkir terjadi di Santiago Bernabeu lantaran kalah 1-2 pada leg kedua perempat final.

Barcelona sendiri berpotensi senasib dengan Atletico dan Madrid. Trauma klub elite tersingkir dari ajang Copa del Rey musim ini setidaknya membayang. Maklum saja, pada leg pertama perempat final, Lionel Messi cs kalah 0-1 di kandang Espanyol.

Lionel Messi kini telah mencetak 21 gol ke gawang Espanyol sepanjang karirnya (AFP)

 

Hanya saja, ketinggalan agregat 0-1 tak menjadi beban bagi Messi cs. Tampil di depan publik sendiri, tim asuhan Ernesto Valverde tersebut tampil kesetanan. Laga baru berumur 9 menit, Luis Suarez sudah membuat Barcelona memimpin 1-0.

Bagi penyerang asal Uruguay tersebut, Espanyol seolah menjadi keberuntungannya. Dari 6 pertemuan Barcelona dan Espanyol terakhir, Suarez mampu mencetak 5 gol. Total, dia sudah menyarangkan 8 gol ke gawang Espanyol di semua ajang.

Seolah tak mau kalah, Messi turut menyumbang gol. Pada menit 25, dia membobol gawang Pau Lopez dan membawa Barcelona unggul 2-0. Barcelona pun mampu unggul secara agregat 2-1. Bagi Messi itu menjadi gol ke-21 dalam Derbi Barceloni atau Catalan Derby. Skor 2-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Memasuki babak kedua, Barcelona tetap memeragakan permainan menyerang. Maklum saja, keunggulan 2-0 belum aman. Andai kebobolan satu gol, mereka harus bisa menambah satu gol lagi. Hanya saja, sejumlah peluang yang mereka dapat gagal membuahkan hasil.

Pada menit 68, Valverde akhirnya memberi debut untuk pemain anyar Philippe Coutinho Correia yang digaet dari Liverpool di bursa transfer Januari ini. Eks gelandang serang Internazionale Milan itu diturunkan dan menggantikan Andres Iniesta. Ini debut Coutinho dalam laga kompetitif bersama Barcelona.

Coutinho mengenakan nomor kostum 14. Nomor tersebut sebelumnya dikenakan oleh Thierry Henry dan kemudian Javier Mascherano. Seperti diketahui, Mascherano resmi hengkang dari Barcelona setelah 8 tahun mengabdi di Camp Nou. Dia melanjutkan karir di Liga Super Tiongkok bersama Hebei Fortune. Sebelum laga, Mascherano mendapat kesempatan untuk memberikan salam perpisahan kepada fans setia Barcelona. Dia kemudian diberi cendera mata oleh Iniesta.

Masuknya Coutinho memang ada perubahan dalam hal menyerang. Namun, gelandang asal Brasil itu belum mampu menghiasi debutnya dengan gol. Hingga laga berakhir, skor 2-0 tak berubah. Barcelona unggul agregat 2-1 dan melaju ke semifinal.

Barcelona 2-0 Espanyol
(Suarez 9, Messi 25)
Agregat 2-1
SUSUNAN PEMAIN
Barcelona: 13-Jasper Cillessen, 3-Pique, 18-Jordi Alba, 22-Aleix Vidal (Paulinho 63), 23-Samuel Umtiti, 4-Ivan Rakitic, 5-Busquets, 8-Iniesta (14-Coutinho 68), 20-Sergi Roberto, 9-Luis Suarez, 10-Lionel Messi
Pelatih: Ernesto Valverde

Espanyol: 1-Pau Lopez, 2-Navarro, 3-Aaron, 5-Naldo, 22-Mario, 4-Victor Sanchez (Melendo 86), 15-David Lopez, 18-Javi Fuego, 23-Granero (Sergio Garcia 65), 25-Sergi Darder (Leo Baptistao 46), 7-Gerard
Pelatih: Quique Sanchez Flores

Komentar

Topik Terkait