oleh

H-1 Valentine, Harga Bunga Selangit

INIKATA.com– Seiring mendekatnya hari Valentine dan permintaan pasar, harga bunga terus melonjak. Salah satunya, harga bunga mawar. Dari pantauan JawaPos.com, Selasa (13/2), di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, bunga mawar mengalami kenaikan tiga kali lipat dari hari biasanya.

Kalau biasanya bunga mawar dihargai Rp 7 ribu per tangkai, namun pada momen jelang Valentine terjadi kenaikan hingga Rp 25 ribu. Sedangkan, untuk satu ikat yang berisi 20 mawar, hari biasa hanya Rp 130 ribu, tapi dihargai hingga Rp 250 ribu pada Valentine dan Imlek.

Wali Kota Dani Fatma

“Harga bunga disini semuanya pada naik, yang hari biasa hanya 7 ribu sekarang jadi 20 ribuan. Kalo mawar sekarang emang paling mahal karena banyak dicari pas Valentine dan Imlek,” terang Andri salah satu pemilik toko bunga di Rawa Belong.

Kenaikan harga mawar ini biasanya hanya berlangsung hingga tanggal 16 Februari, usai perayaan Valentine dan Imlek berakhir. Terkait omset penjualan bunga mawar tahun ini, pihaknya mengaku terjadi peningkatan hingga 20 persen. Sedangkan, untuk bunga jenis lain cenderung sama saja.

Andri mengungkapkan, biasanya ia memasok bunga dari Bandung dan daerah lainnya, yang dijual dengan sistem satuan maupun grosir.

Tak hanya merah, bunga mawar juga tersedia dalam warna rose pink, biru, kuning terang, dan lilac. Sedangkan, mawar dengan warna maroon diakui Andri paling laris.

“Biasanya pembeli lebih tertarik dengan jenis maroon, karena bentuknya cantik dan paling pas kalo buat kado. Harganya sama dengan warna lain,” pungkas Andri.(inikata/jawapos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait