oleh

Meraba Skema Permainan PSM Makassar Tanpa Wiljan Pluim

MAKASSAR, INIKATA.com– Selama musim 2017 kemarin, PSM Makassar sering menerapkan total football dengan mengandalkan Wiljan Pluim yang berperan sebagai free role. Dan ditopang oleh Marc Klok yang berperan sebagai box-to-box.

Tetapi selama pra musim dijalani oleh PSM Makassar, peran dari pemain asal Belanda ini tak begitu mencolok akibat cedera yang dialami oleh Wiljan Pluim.

Jadi jajaran pelatih langsung menerapkan ball posisioning football dengan kombinasi tiga gelandang andalannya yakni Rasyid Bakri, Marc Klok dan Asnawi Mangkualam Bahar. Dengan peran yang berbeda-beda.

Rasyid Bakri berperan sebagai deep-lying playmaker, Marc Klok berperan sebagai box-to-box. Sedangkan Asnawi Mangkualam Bahar berperan urgen sebagai gelandang bertahan murni.

Permainan tersebut sangatlah terlihat, pada saat pertandingan fase group Piala Presiden melawan tuan rumah Persib Bandung yang berakhir dengan kemenangan PSM Makassar dengan skor dramatis 0-1.

“Meski kehilangan Wiljan Pluim, karakter permainan PSM Makassar sudah terlihat,” Kata Mantan pemain PSM Makassar, Faisal Maricar, Kamis (15/2/2018).

Strategi tersebut juga dilakukan oleh jajaran pelatih PSM Makassar, pada saat uji coba bersama tim amatir dari Bali dengan hasil yang begitu meyakinkan. Yakni Bali All Start dengan skor 2-0 dan PSEPA FC dengan skor 5-1.(**)

Komentar

Topik Terkait