oleh

Mata Kuliah Tentang Keragaman Etnik Indonesia, 20 Mahasiswa Jepang Sambangi Unhas

MAKASSAR, INIKATA.com – Mahasiswa Keio University dari Shonan Fujisawa Campus berkunjung ke Universitas Hasanuddin (Unhas), Jl Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Senin (12/3/2018).

Shonan Fujisawa Campus yang terletak di Fujisawa City, Kanawagawa, Jepang ini melibatkan 20 mahasiswa mahasiswi yang berasal dari Faculty of Policy Management. Kedatangannya, didampingi oleh Asisten Profesor Yo Nonaka sebagai pembimbing sekaligus ketua rombongan.

Kedatangan mahasiswa mahasiswi ini adalah sebagai bagian dari studi lapangan untuk mata kuliah, Spesial Research Project on Multi-ethnic Society in Indonesia.

Mata kuliah ini secara khusus mengajarkan tentang Indonesia dan keragaman etniknya. Peserta mata kuliah ini datang ke Indonesia khusus untuk melihat langsung kehidupan masyarakat sehari-hari di luar Jawa dan terutama Sulawesi.

“Di Kota Makassar, mahasiswa Keio akan berkunjung hingga tanggal 15 Maret mendatang. Mereka tinggal bersama masyarakat di Desa Lakkang dan berinteraksi dengan kehidupan sehari-hari masyarakat,” kata Ishaq Rahman, Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas.

Diakhir kunjungan nantinya, mereka akan mempresentasikan hal-hal yang telah dilihat dan alami selama kunjungan lapangan.

“Presentasi akan dilakukan dihadapan dosen dan mahasiswa Unhas, sehingga nantinya mereka bisa memperoleh umpan balik dari Unhas,” tambahnya.

Sementara, Asisten Profesor Yo Nonaka, Ph.D mengaku merasa sangat senang dapat diterima dengan hangat di Unhas, dimana secara pribadi sangat dekat dengan kota ini.

“Saya pertama kali mempelajari bahasa Indonesia di Makassar, waktu itu saya masih berusia 16 tahun dan menjadi siswa pertukaran disini,” ungkap Nonaka Sensei dengan bahasa Indonesia yang sangat fasih.

Sensei Nonaka mengatakan, kelompok yang datang ini ia bagi dalam lima kelompok, masing-masing dengan fokus pengamatan spesifik.

“Ada yang meneliti khusus tentang Pendidikan, Agama, Pemuda (khususnya sosial media), makanan, dan perbandingan kehidupan. Mereka akan didampingi oleh mahasiswa-mahasiswa dari Departemen Sastra Jepang, Unhas,” urainya.

Unhas menyambut baik kedatangan rombongan dari Keio University, Ketua Departemen Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Nuraidah mengungkapkan rasa senang sekali dengan kunjungan ini, karena mahasiswa Unhas bisa saling berbagi dengan rekan-rekan dari Keio. (**)

Komentar

Topik Terkait