oleh

3 Manfaat Seks Bagi Kesehatan Jiwa

INIKATA.com– Hubungan seks antara suami dan istri tidak hanya sekadar untuk meraih kepuasan. Berbagai penelitian menyebut seks rutin bisa juga bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan jiwa.

Martha Lee, MD, pakar seksologi klinis menyebut saat bercinta, manusia mengeluarkan emosinya secara nyata. Karena itu, bercinta memiliki banyak kaitan dengan aspek psikologis seseorang.

“Energi yang dihasilkan saat bercinta merupakan imbas dari kondisi kesehatannya secara menyuluruh. Tak hanya soal fisik, namun juga kesehatan jiwa,” ungkap Lee, dikutip dari Huffington Post.

Ini Penjelasan Lee soal manfaat Seks bagi kesehatan jiwa.

Penelitian yang dipublikasikan di Archives of Sexual Behavior menyebutkan, Pertama, rutin bercinta bisa meningkatkan rasa percaya diri, sekaligus membuat seseorang menjadi lebih positif terhadap dirinya.

Kedua, saat bercinta, Anda mendapatkan perhatian, kasih sayang dan merasa diinginkan oleh pasangan. Ada alasan mengapa pasangan yang jarang bercinta terlihat tidak intim. Hal ini dikarenakan jarangnya sentuhan fisik yang terjadi antar pasangan membuat hubungan psikologis mereka menjadi renggang.

Ketiga, saat bercinta dan orgasme, tubuh mengeluarkan endorfin dan hormon-hormon bahagia. Dengan begitu, keintiman antara pasangan pun tetap terjaga.(**)

Komentar

Topik Terkait