oleh

Appi-Cicu Akan Dirugikan Oleh Gugatannya, Pengamat: Ini Bisa Jadi Keuntungan DIAmi

MAKASSAR, INIKATA.com – Gugatan Pasangan Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) kepada Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sebagai lawan politiknya itu berpotensi bagi petahana.

Gugatan itu dijadikan Appi-Cicu sebagai alat menyerang dan langkah untuk menjanggal Paslon nomor urut dua, (Danny-Indira) agar pada saat pesta demokrasi pada tanggal 27 Juni mendatang terkendali, dan juga ini digunakan sebagai strategi politik Paslon nomor urut dua itu.

“Praktek-praktek politik yang saling menjegal seperti itu adalah bagian dari strategi rival untuk melemahkan Danny. Tetapi strategi ini bisa jadi boomerang bagi Appi-Cicu ketika tidak dapat dibuktikan. Karena kecenderungan masyarakat pemilih itu selalu simpati terhadap calon yang dizalimi,” kata pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Jayadi Nas, Sabtu (17/3/2018)

Menurut Jayadi, kalau misalnya fakta-fakta persidangan yang disajikan kuasa hukum calon penantang bisa meyakinkan pengadilan, maka Appi-Cicu bisa melaju dengan nyaman karena cuma perlu mengalahkan kotak kosong di Pilwalkot mendatang.

“Akan tetapi kalau tidak. Biarkanlah masyarakat yang menentukan secara bebas siapa yang akan dia pilih tanpa harus ada intrik-intrik saling menjegal seperti itu lagi,” imbaunya.

Melawan kotak kosong pun, lanjutnya, bukanlah satu-satunya jalan keluar untuk memenangkan pilkada mendatang. Meskipun hasil survei menunjukkan bahwa DIAmi terlalu berat untuk dikalahkan, bukan berarti penantang tidak memiliki peluang dalam pertarungan head to head.

“Karena kemenangan bukan ditentukan oleh apakah penantang melawan kotak kosong atau melawan calon incumbent. Peluang kemenangan tergantung pada bagaimana kemampuan Appi-Cicu dalam meyakinkan masyarakat,” katanya

Ciri masyarakat perkotaan adalah warga pemilih yang sangat rasional, jadi bergantung pada siapa yang lebih mampu meyakinkan masyarakat dengan terobosan-terobosan program yang mengakomodir kebutuhan semua lapisan warga,” imbuhnya. (**)

Komentar

Topik Terkait