oleh

Jaringan Penadah Pembobol Kartu Kredit Dibekuk Ditkrimsus Polda Jatim

SURABAYA, INIKATA.com – Ditkrimsus Polda Jatim berhasil mengungkap jaringan pembobol kartu kredit di wilayah Jatim dan sekitarnya.

“Kami mengamankan tiga tersangka antara lain berinisial IIR (30) warga Malang, HRD (36) dan ZU (39) asal Surabaya,” ungkap Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara di Mapolda Jatim, Selasa (20/3/2018).

Arman mengatakan, dalam membobol kartu kredit tersebut, para pelaku menggunakan alar elektronik dengan menggunakan akun Apple dan Paypal. ”Mereka menggunakan nomor rekening seseorang dengan kartu kredit milik orang lain,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, para pelaku tersebut adalah penadah dari pelaku kejahatan pembobol kartu kredit. “Mereka menggunakan situs facebook yang bernama Kolam Tuyul. Jadi dua TKP ini menggunakan situs facebook yang namanya Kolam Tuyul,” tambahnya.

Sementara itu, dalam pengungkapan tersebut diamankan barang bukti antara lain 36 item barang berbagai jenis hasil kejahatan, seperti sepatu, jam tangan, alat kesehatan, laptop, dan lain sebagainya dengan total sekitar Rp 500 juta.

“Kemudian Pasal yang kita kenakan disitu yaitu pasal 30 pasal 32, 26, UU ITE no 11 tahun 2016 dengan ancaman hukuman 7 tahun denda 700 juta,” tandasnya. (**)

Komentar

Topik Terkait