oleh

Rp 1,8 Triliun Digasak Bos Abu Tours dari 15 Provinsi

MAKASSAR, INIKATA.com – Sebanyak Rp 1,8 triliun berhasil digasak Bos Travel PT Abu Tours, yang diduga kuat telah melakukan penipuan terhadap sejumlah jamaah, bahkan berdasarkan hasil penyelidikan Polda Sulsel, jamaah yang berhasil ditipunya tidak hanya dari sulsel saja tapi tersebar hingga ke 15 Provinsi diseluruh Indonesia.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombespol Dicky Sondani dalam konferensi persnya di Mabes Polda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan siang tadi membenarkan hal tersebut, bahkan mengaku dari 15 provinsi, ditemukan ada 86.720 orang jemaah yang tertipu.

Usai penyelidikan, Lanjut Dicky, kerugian jamaah diketahui mencapai Rp 1,8 triliun, dimana rata-rata setiap orang jamaah membayarkan kurang lebih 9-14 juta rupiah pada Abu Tours.

“Rp 1,8 Triliun memang fantastis, bayangkan saja jamaah yang ditipu 86.720 orang dari 15 provinsi,” ungkapnya, Jumat (23/3/2018).

Dicky Sondani juga mengungkapkan, pihak Travel PT Abu Tours berhasil memperdaya para jamaah dengan modus memberangkatkan mereka dengan harga yang murah. Sehingga dapat menarik lebih banyak jamaah.

Diketahui, saat ini Bos PT Abu Tours, Abu Hamzah telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan pemberangkatan haji dan umroh.

Dimana usai menetapkan tersangka, Penyidik kemudian melanjutkan penyelidik dan memeriksa sejumlah pihak lainnya selaku saksi, serta telah memblokir 28 rekening milik PT Abu Tours.

Diketahui juga Abu hamzah ditetapkan sebagai tersangka sesuai pasal 45 ayat (1) jo pasal 64 ayat (2) penyelanggaraan haji subsider pasal 372 dan 378 jo pasal 64 ayat (1) KHUP dan pasal 3,4,5 UU tindak pidana pencucian uang, dengan ancaman pidana kurungan 20 tahun penjara, denda Rp 10 miliar. (**)

Komentar

Topik Terkait