oleh

Ini Alasan Mengapa Pria Takut ke Dokter Saat Istri Tak Kunjung Hamil

INIKATA.com – Ada alasan tersendiri mengapa pria dengan gangguan kesuburan enggan untuk memeriksakan dirinya ke rumah sakit, kendati, selalu gagal membuahi pasangannya.

Penyebab di balik alasan itu, menurut sebuah studi, ada kaitannya dengan dengan kondisi psikologisnya.

Menurut temuan yang dirilis pada jurnal Human Reproduction itu, ketidakmampuan untuk membuahi dan mendapatkan keturunan dari seseorang yang dicintai dapat menciderai perasaan mereka lantaran merasa tidak mampu menjalani menjalani fungsinya sebagai pria.

Pernyataan yang membenarkan kondisi mereka itulah, kata pakar urologi, Stanton Honig, M.D., yang menjadi ketakutan tersendiri para pria dengan gangguan kesuburan.

Pria yang menjabat director of Men’s Health di Yale University School of Medicine itu, menambahkan, mereka dengan kondisi ini, juga kerap menyalahkan pasangannya, dalam hal ini wanita, atas masalah tersebut.

Padahal, dengan memeriksakan diri ke dokter, mereka dengan masalah kesuburan dapat menghindari kondisi kesehatan tertentu yang kerap bersembunyi di balik kemandulan pria itu. Kanker testis contohnya, kanker yang berpotensi tinggi sebabkan rendahnya jumlah sperma yang dibutuhkan untuk pembuahan.

Memeriksakan kondisi Anda sedini mungkin, dapat mengurangi potensi penyebaran dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain disebabkan kanker, kondisi kesehatan tertentu, seperti darah tinggi, diabetes, gangguan hormon dan pembungkus testis, juga kerap dikaitkan dengan kondisi tersebut. Massalah ini dapat diatasi dengan bantuan operasi. (Inikata/fajar)

Komentar

Topik Terkait