oleh

PU Maros Kaji Konstruksi Jembatan Damma yang dibangun Desa, Ini Hasilnya!

MAROS, INIKATA.com – Terkait konstruksi jembatan, di dusun Damma, Desa Bonto Matinggi, Kecamatan Tompobulu, pihak dinas Pekerjaan Umum Maros, mengaku sudah turun memeriksa langsung konstruksi jembatan itu. Untuk sementara, penilaiannya, ada yang tidak sesuai termasuk tingkat kemiringan tiang satu ke tiang lain yang timpang.

“Pengamatan sementara tim kami. Jembatan itu memang tidak lurus antara satu dengan yang lain. Tapi akan kita periksa lebih lanjut konstruksinya itu memungkinkan atau tidak. Takutnya, itu jembatan mubazzir jika dilanjutkan,” kata Kabid Bina Marga PU Maros, Mustaziem, Rabu (11/4/2018).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros juga tidak bisa serta merta mengambil alih pembangunan jembatan yang terlanjur didanai oleh desa. Meski begitu, pihak dinas PU siap mendampingi pemerintah desa untuk menyelesaikan jembatan gantung itu.

“Kami tidak bisa serta merta mengambil alih pengerjaannya. Karena persoalan aturan. Inikan sudah didanai oleh desa. Andaikan sejak awal, yah tentunya kita siap,” tambahnya.

Rencananya, DPRD bersama semua pihak terkait, akan turun langsung meninjau lokasi. Pihak PU juga akan melakukan pemeriksaan terkait kelayakan konstruksi jembatan yang telah menelan anggaran Rp 332 juta itu.

Sebelumnya, DPRD Maros memanggil Pemerintah Desa Bonto Matinggi untuk mengklarifikasi terkait jembatan yang seharusnya sudah rampung itu. Hanya saja, dokumen RAB jembatan yang seharusnya dibahas, tidak dibawa oleh pihak Desa. (**)

Komentar

Topik Terkait