oleh

Ternyata Ini Tujuan Utama Bank Sampah Diciptakan di Makassar

MAKASSAR, INIKATA.com – Bank sampah yang pertama kali di programkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada Tahun 2015 lalu dimasa kepemimpinan Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang menjabat sebagai Walikota Makassar itu ternyata miliki tujuan yang gemilang.

Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia, Sahar Ridwan mengatakan, setiap sesuatu yang diciptakan pastilah mempunyai tujuan utama untuk mengaplikasikan hal yang diciptakan, termasuk dengan program Bank Sampah yang juga di programkan Pemkot Makassar.

“Ada landasan utama dalam program Bank Sampah di Makassar, dimana kita melihat persoalan lingkungan, kenapa lingkungan, karena semua orang supaya bisa memilah yang mana ada nilainya, yang mana ada harganya dan yang mana tidak,” kata Sahar Ridwan saat menjadi Narsum di acara Cofee Morning, di Kafe KOPIAlps, Jalan Ratulangi, Makassar, Selasa (17/4/2018).

Dengan mengambil persoalan lingkungan, Sahar mengakui lorong-lorong di kota Makassar sudah pasti akan bebas dari sampag yang tersebar di badan lorong.

“Kalau seandainya semua masyarakat menyadari, jika sampah di rumah itu dipilah seperti yang organik dipisah dengan non organik pasti akan bersih kota kita, nah tujuan utananya itu untuk setoran sampah ke TPA semakin berkurang,” ungkapnya

Lebih lanjut, Kepala Bidang Persampahan DLHD Makassar, Ayyub Salahuddin mengakui, kehadiran Bank Sampah ini membawa dampak besar terhadap kota Makassar.

“Kita sudah mendapat piala Adipura, itu di hasilkan karena jumlah sampah yang masuk ke TPA itu semakin berkurang setiao tahunnya,” kata Ayyub.

Komentar

Topik Terkait