oleh

Tanggul Jebol, Air Setinggi 80 cm Banjiri Pompengan

LUWU, INIKATA.com – Debit air di sungai Pompengan, di Dusun Terpadu Desa pompengan, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu naik. Hal itu diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi, Senin (28/5/2018).

Alhasil, air sungai meluap hingga menjebol tanggul sungai sepanjang 5 meter. Kejadiannya sekitar pukul 05.00 Wita tadi subuh.

Meluapnya air di sungai Pompengan, juga diakibatkan banjir kiriman dari sungai Lamasi. Akibatnya, sekitar tujuh rumah yang ada di dekat sungai terendam banjir.

Ketinggian air mencapai 80 cm. Meski begitu, warga tetap bertahan di rumah masing-masing.

“Saat ini hujan sudah redah, air banjir juga sudah mulai surut. Namun, kita tetap waspada,” kata Danramil Walenrang, Kapten Czi Waskito.

Babinsa setempat, kata Waskito, sudah diperintahkan untuk stanby di lokasi banjir. Juga membantu masyarakat yang rumahnya digenangi air.

“Tadi saya sudah berkordinasi dengan Camat Lamasi Timur untuk mengambil langkah-langkah untuk berkordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Luwu,” lanjutnya.

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Luwu memperhatikan kondisi di Pompengan. Khususnya masalah tanggul. Sebab, tanggul yang jebol tersebut adalah hasil kerja bakti masyarakat dan TNI dengan cara manual.

Menurut warga, jika musim hujan, Pompengan memang daerah langganan banjir. Makanya diperlukan tanggul. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait