oleh

Cegah Potensi Kecurangan, Polres Gowa Gelar Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di TPS

GOWA, INIKATA.com – Polres Gowa kembali menggelar kegiatan simulasi pengamanan pemungutan suara di TPS bertempat di Halaman Mako Polres Gowa, Kabupaten Gowa, Sabtu (2/6/2018).

Tak hanya personel Gowa, anggota Panwaslu dan Panwascam serta anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kabupaten Gowa juga turut hadir dalam kesempatan tersebut menyaksikan giat simulasi yang dilakukan.

Adapun yang bertindak dalam skenario simulasi sebagai KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) dan warga yang akan melakukan pemilihan suara yakni diperankan langsung oleh personil Polres Gowa.

Dengan pelaksanaan simulasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta pemahaman tentang mekanisme pemungutan suara di TPS kepada seluruh personil yang akan melaksanakan pengamanan nanti.

Simulasi ini pun dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya, sesuai dengan setiap urutan tahapan pemungutan suara di TPS. Tak hanya itu saja, setiap komponen dalam tahap pemungutan suara dihadirkan, begitupun dengan sarana dan prasarananya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga memberikan arahan dan masukan kepada personil sebagai acuan pelaksanaan pengamanan Pilkada nanti.

“Setiap personil yang laksanakan pam TPS, agar melakukan pengecekan logistik Pilkada,” tegasnya.

AKBP Shinto juga menegaskan kepada personil, agar saat melaksanakan pengamanan nantinya, tidak ada petugas yang meninggalkan lokasi TPS hingga selesai.

Ia juga mengharapkan bahwa melalui simulasi ini, personil dapat memahami dam memiliki gambaran saat melaksanakan tugas pengamanan tahap pungutan suara nanti.

“Mari kita laksanakan tugas dengan maksimal dan penuh tanggung jawab,” tambah AKBP Shinto Silitonga.

Komentar

Topik Terkait