oleh

Jaga Kondisi Tubuh di Hari Raya Idul Fitri, Ini Tips Dokter Yudi

INIKATA.com – Untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri banyak hal yang harus dibatasi dan dijaga demi kesehatan. Karena makanan saat Hari Raya sangat menggugah selera sekaligus sumber dari lemak berlebih.

Untuk menjaga kesehatan terus terjaga saat Hari Raya Idul Fitri, berikut tips dr. Wachyudi Muchsin yang merupakan Humas IDI Kota Makassar dan Alumni Fakultas Kedokteran UMI ini:

1. Batasi Porsi Makan

Hidangan Kari/opor ayam, rendang daging, coto makassar, Konro, dan sayur ketupat memang nggak bisa dihindari! Tapi kalau dimakan dengan porsi berlebih bisa membuat tubuh tidak seimbang kesehatannya. Cobalah makan dengan porsi sedikit dan tidak kalap mata.

2. Jangan Lupa Sayur dan Buah

Imbangi makanan berlemak dan bersantan dengan mengonsumsi sayur serta buah seperti Pisang, jeruk, semangka, pepaya. Kedua makanan ini kaya akan serat sehingga dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh, juga dapat melancarkan sistem pencernaan.

3. Kurangi Minuman Manis

Hindari terlalu banyak minum soft drink atau minuman manis, imbangi dengan Perbanyak minum air putih sebagai penetralisir makanan bersantan di dalam tubuh.

4. Batasi Ngemil Kue Lebaran

Rata-rata kue-kue dan snack khas Lebaran mengandung gula, lemak, karbohidrat, dan kalori tinggi. Dengan membatasi konsumsi kue lebaran, kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

5. Ganti Cara Masak

Daripada menggunakan minyak biasa atau mentega, pilihlah minyak zaitun. Hidangkan juga makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau dibakar tanpa minyak.

6. Konsumsi Penawar Lemak

Jus jeruk atau kopi hitam adalah minuman yang dapat menetralisir lemak di dalam tubuh. Kedua minuman tersebut dapat dikonsumsi setelah menikmati aneka makanan yang kaya lemak.

7. Jangan Lupa Olahraga

Setelah mencicipi berbagai makananan dan minum yang berlebihan , jangan langsung tidur atau bermalas-malasan. Lakukan aktivitas olah raga ringan 15-20 menit seperti berjalan-jalan kecil, joging , sit up atau bantu merapikan meja makan. Aktivitas ringan seperti ini sangat bermanfaat untuk membakar kalori di dalam tubuh.

Merayakan kemenangan setelah sebulan puasa akan semakin sempurna jika kesehatan tubuh tetap terjaga, sebab setelah itu liburan akan berakhir akan kembali kepada rutinitas.

“Kesehatan memang bukan segala-galanya, namun tanpa kesehatan segala-galanya tidak ada artinya,” pungkas dr. Yudi yang juga Ketua Kempo Kota Makassar ini. (**)

Komentar

Topik Terkait