oleh

Jelang Lebaran, Angka Kecelakaan Pada Arus Mudik di Sulsel Menurun

MAKASSAR, INIKATA.com — Menjelang hari raya Idul Fitri merupakan momentum yang sangat dinantikan oleh sebagian besar umat muslim utamanya yang sedang berpergian jauh (merantau).

Untuk merayakan hari kemenagan itu bisanya sejumlah masyarakat yang berada di berbagai Kota akan kembali ke kampung halamannya masing-masing. Tak hayal sejumlah masyarakat yang ingin mudik tersebut terkadang mengalami kecelakaan saat berada di perjalanan.

Namun kali ini pihak Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) mendapati hal yang agak mengembirakan dari tahun lalu. Dimana angka kecelakaan lalu lintas pada momentum hari raya Idul Fitri kali ini menurun dari dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk serempetan material ada, tetapi yang meninggal alhamdulillah tidak begitu banyak dibandingkan tahun lalu,” kata Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto saat ditemui di salah satu Rumah Makan, Jalan Gunung Nona Kota Makassar, Sulsel, Selasa (12/6/2018) malam.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan tersebut, pihak kepolisian dari Direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Sulsel akan menurunkan anggota lantas pada titik-titik yang dianggap rawan. Serta memasang himbauan.

“Kita telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan itu,” ucapnya.

“Semua polisi dari Polda, Polres, dan Polsek bergerak,” sambungnya.

Agus juga mengaku, sampai saat ini jumlah kecelakaan lalu lintas masih kurang yang ada hanyalah kepadatan kendaraan (macet). Oleh sebab itu personil yang disiapkan telah siaga mengatur arus mudik jika terjadi macet.

“Sampai saat ini hanya kepadatan saja yang terjadi dan itu telah ada personil yang berada di situ,” jelasnya.

Ia juga mengutarakan, demi keamanan pengemudi ia menghimbau kepada pengendara agar tidak memaksakan diri melakukan perjalanan jika dalam keadaan mengantuk dan lelah. Agus berharap pengemudi dapat berhenti untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

“Jika ngantuk atau capek sebaiknya beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan,” tutupnya.

Komentar

Topik Terkait