oleh

Sudah Libur Panjang, THR dan Gaji 13 Cair Bersamaan

INIKATA.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Malinau mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar satu bulan gaji pokok ditambah tunjangan lainnya.

Demikian yang disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Malinau, Hendris Damus, Rabu (13/6) kepada pewarta saat diwawancarai di ruang kerjanya. Katanya, perayaan Idul Fitri pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, ASN saat ini diberikan perhatian cukup besar dari pemerintah sesuai dengan PP nomor 18 dan 19 tahun 2018 tentang pemberian gaji ke-13 dan THR.

“ASN itu sudah mendapatkan dua tunjangan. Jadi gaji ke-13, kemudian THR atau gaji ke-14,” kata Hendris Damus.

Selain PP terkait THR dan gaji ke-13 tersebut, lanjut Sekkab, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga memberikan imbauan kepada pemerintah daerah untuk memberikan THR kepada ASN. “Saya kira perhatian pemerintah sudah cukup luar biasa. Liburnya sudah panjang, kemudian diberikan THR dan tunjangan yang disebut dengan gaji ke-13 tadi,” katanya.

Dengan perhatian pemerintah yang sudah cukup besar itu, maka para ASN sudah sepatutnya mematuhi aturan-aturan ketentuan hari libur dan cuti bersama yang sudah diarahkan oleh pemerintah sehingga kita tidak lagi menambah-nambah masa libur dan cuti bersama.

Saat ditanya bagaimana perhitungan atau rincian THR dan gaji ke-13, pria yang pernah menjabat sabagi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Malinau ini menegaskan bahwa THR dan gaji ke-13 dibayar penuh dengan rincian gaji pokok ditambah tunjangan-tunjangan lainnya. “Kalau THR itu penuh. Gaji ke-13 juga penuh. Artinya gaji pokok plus tunjangan-tunjangannya yang ada di dalamnya. Kalau tahun lalu itu kan hanya gaji pokok saja, kalau tahun ini gaji ke 13 yaitu gaji pokok plus tunjangan-tunjangannya, kemudian THR gaji pokok plus tunjangan juga,” bebernya.

“Jadi luar biasa. Silakan ASN memanfaatkan perhatian pemerintah ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan THR dan gaji ke-13,” pungkasnya. (IK/Fajar)

Komentar

Topik Terkait