oleh

Hari Pertama Lebaran, Pengunjung Lapas Palopo Melonjak

PALOPO, INIKATA.com — Lapas Klas IIA Palopo ramai pengunjung. Sebelum waktu Jumatan saja, jumlahnya mencapai sekitar 1.900 orang, Jumat (15/6/2018).

Penjagaan dan pemeriksaan pun diperketat. Pengunjung yang hendak masuk ke dalam lapas diperiksa lalu tangan mereka distempel.

Personil TNI Kodim 1403 Sawerigading, Brimob Baebunta dan Polsek Wara Utata pun diminta melakukan backup.

“Sebelum Jumatan, sudah ada 132 nomor antrian. Dimana satu nomor antrian bisa sampai 15 orang,” kata Kepala Lapas Klas IIA Palopo, Drs Indra Sofyan.

Menurutnya, warga binaan di Lapas Klas IIA Palopo diberikan kesempatan bersilaturahmi dengan teman dan kerabatnya selama tiga hari. Itu mulai tanggal 15 hingga 17 Juni.

“Pengunjung yang ingin masuk ke dalam lapas akan kita periksa. Kita mewaspadai narkoba, sebab penghuni lapas didominasi kasus narkoba,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Indra, jumlah warga binaan ada 678 orang.

“Sebentar kami masih akan menerima sekitar 60 orang tahanan dari Polres Luwu dan Palopo. Jadi jumlah keseluruhannya lebih dari 700 orang,” jelasnya.

Dengan jumlah 700 lebih warga binaan, kalapas mengakui, Lapas Klas IIA Palopo over kapasitas. “Kapasitas lapas ini hanya 300an saja,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan, bahwa narapidana yang menerima remisi sebanyak 200 orang. Dimana besar remisi 15 hari sampai 2 bulan.

Komentar

Topik Terkait