oleh

Berdomisili Dekat Sekolah, Peluang Kelulusan Bagi Pendaftar Jalur Zonasi Sangat Besar

MAKASSAR, INIKATA.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memprioritaskan pendaftar yang berada di jalur zonasi.

“Untuk peluang kelulusan tingkat SMP itu 90 persen jalur zonasi dan 10 persen non zonasi,” kata Hasbi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar saat dikonfirmasi Inikata.com melalui telepon selulernya pada Selasa (26/6/2018)

Menurut Hasbi, Hadirnya jalur zonasi di PPDB tahun 2018 bertujuan memudahkan masyarakat yang tinggal atau memiliki rumah di dekat sekolah mendaftarkan diri di sekolah tersebut. Pendaftaran dilakukan secara online dan offline dengan peluang 90 persen jenjang SMP dan 95 persen jenjang SD.

“Mekanisme pendaftaran sama dengan PPDB tahun lalu, tidak terjadi perubahan kecuali jalur kemitraan yang kini sudah tidak ada,” tambahnya.

Ditambahkan Hasbi, Jalur zonasi merupakan jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili disekitar sekolah dengan zona yang diatur sesuai dengan kewenangan Dinas Pendidikan.

“Kalau Jalur Inklusif yaitu, jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang memiliki, kebutuhan khusus ringan dan mendaftar pada sekolah yang memberikan layanan khusus dan merupakan bagian dari jalur zonasi,” pungkasnya. (**)

Komentar

Topik Terkait