oleh

Laga Tunda Persija vs Persebaya: Pertandingan Tanpa Penyerang Andalan

INIKATA.com – Setelah mendapatkan persetujuan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi Liga 1 Indonesia Musim 2018, Persija Jakarta dipastikan akan menjamu Persebaya Surabaya dan Persib Bandung yang merupakan laga tunda di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta.

Laga Persija melawan Persebaya yang sedianya digelar pada 3 Juni lalu akan dimainkan pada 26 Juni di Stadion PTIK. Sementara pertandingan kontra Persib yang semula digelar 28 April akan digelar pada 30 Juni di tempat yang sama.

Menariknya dalam laga menghadapi Persebaya, Selasa (26/6) hari ini. Kedua kesebelasan antara Persija dan Persebaya dipastikan tidak akan diperkuat oleh para penyerang andalannya. Ya, Persija tidak akan diperkuat oleh Marco Simic, sedangkan Persebaya tanpa David da Silva.

Marco Simic tidak dimainkan lantaran harus menjalani hukuman larangan bertanding yang diberikan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sedangkan, absennya David bagi Persebaya di laga tersebut, dikarenakan cedera.

Menanggapi hal itu, pelatih Persija Stefano Cugurra beberapa hari lalu mengaku belum bisa memiliki bayangan siapa yang akan menggantikan Simic dalam pertandingan nanti. Menurutnya, dalam laga menghadapi Persabaya, dirinya akan menurunkan pemain yang lebih prima.

“Karena, kami harus lihat kondisi fisik semua pemain. Kami baru libur sembilan hari, pemain yang lebih fit pasti main lawan Persebaya,” ungkap pelatih yang akrab disapa Teco itu.

Akan tetapi, dalam jumpa wartawan di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (25/6) kemarin. Teco mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi pertandingan kontra Green Force, julukan Persebaya tersebut.

“Semua yang ada di tim sudah kerja keras dalam latihan usai libur kemarin. Dan kita akan mulai Liga 1 lagi besok (lawan Persebaya). Kita harus mulai konsentrasi lagi di Liga 1, dan harus kerja keras menghadapi Persebaya,” ungkap Teco.

Menanggapi absennya Da Silva, Teco mengaku hal itu tidak akan berpengaruh pada kekuatan Persebaya yang dinilainya tim kebanggaan masyarakat Surabay itu memiliki pemain dengan kualitas yang merata di segala lini. Ia pun mengatakan bila anak asuhannya harus kerja keras jika ingin menang di laga ini.

“Persebaya adalah tim yang sangat bagus juga, banyak pemain bagus disana, kita harus kerja ektra keras besok di pertandingan,” sambung pelatih asal Brasil tersebut.

Menjamu Persija, Teco mengaku Persija bertekad terus melanjutkan tren positif saat diraihnya sebelum libur lebaran meskipun saat kembali menggunakan stadion baru (PTIK, red). Terlebih Teco, mengaku tidak menemui kendala berarti dengan rumput stadion milik klub Bhayangkara FC.

“Kita setiap pertandingan di rumah, meski ini rumah baru, harus pikir poisitif bisa menang. Apalagi kami sudah adaptasi dengan stadion ini dengan menggelar dua latihan,” tegasnya.

Terkait, dirinya pernah jadi bagian dari Persebaya, Teco mengaku dirinya akan tetap profesional dan memberikan seluruh kemampuan untuk membawa Persija meraih kemenangan. “Saya pernah juara disana. Tapi saat ini saya harus kerja keras disini, saya juga ingin sukses di Persija seperti di Persebaya,” tukasnya.

Tekad kemenangan Teco itu juga didukung oleh para pemainnya, salah satunya Ramdani Lestaluhu yang ingin membawa Persija meraih tiga poin dalam laga tersebut. Meskipun diakuinya bukan perkara mudah mengingat Persebaya memiliki materi pemain yang bagus dan banyak merupakan pemain tim nasional.

“Persebaya tim besar dan materinya banyak pemain muda yang kualitasnya bagus. Selain itu mereka juga kecepatan yang bagus. Tapi kami siap untuk bertanding di tiga laga tunda ini. Kami sangat optimis untuk meraih poin maksimal di pertandingan sisa ini, terutama partai kandang kami ingin meraih tiga poin,” jelas Ramdani.

Sementara itu pelatih Persebaya, Alfredo Vera menilai, ketiadaan Simic di kubu Persija Jakarta akan memberi keuntungan untuk timnya. Menurutnya, Persija banyak memiliki pemain yang setara dengan Simic.

“Saya berpikir Persija pasti punya pemain lain yang juga sama seperti Simic. Mungkin karakternya berbeda, tapi bisa menjadi pengganti yang baik,” ungkap Alfredo ditempat yang sama.

Terkait abesnnya Da Silva, Alfredo mengaku sudah memiliki penggantinya. Meski dalam hal ini Persebya kemungkinan besar hanya bisa mengandalkan nama lokal seperti Rishadi Fauzi dan Ricky Kayame.

“Kami juga tidak punya striker (asing, Da Silva) kami di pertandingan ini, pasti ada pengaruh dengan ketidakhadiran mereka. Akan tetapi kami memiliki pemain pengganti mereka, yang cukup bagus juga,” tutur Alfredo.

“Kami punya dua sayap, kami juga punya gelandang serang yang bisa cetak gol. Kalau striker tidak bisa cetak gol, masih ada mereka yang bisa cetak gol. Intinya saat ini ini tim dalam kondisi siap untuk menghadapi laga besok, karena kami sudah berlatih dan mempersiapkan diri sebelum berangkat ke sini,” sambungnya.

Alfredo juga menuturkan, bahwa dirinya sudah menemukan cara menghalau laju serangan Persija. “Saya tahu kekuatan Persija, mereka punya pemain cepat dan striker bagus. Tapi kami sudah punya cara untuk mengatasinya,” ungkap Alfredo.

Selain itu, Alfredo juga berharap dalam laga nanti bisa berjalan dengan adil dan fair. Hal itu dikatakannya, lantaran diakuinya, timnya telah menjadi korban kejahilan wasit dari beberapa laga sebelumnya.

“Kami siap untuk laga besok. Kami juga berharap laga yang bagus dalam pertandingan nanti. Pertandingan yang fair dalam laga nanti.” tegasnya.

Pertandingan ini juga menarik perhatian pemain sayap Persebaya, Irfan Jaya yang ingin mencuri poin penuh dari Persija dalam laga nanti.

“Saya sangat beryukur bila dalam pertandingan nanti bisa dimainkan oleh pelatih. Jadi nanti jika dimainkan lawan Persija, saya akan berikan yang terbaik biar dapat tiga poin,” tegasnya sangat optimis. (**/FIN)

Komentar

Topik Terkait