oleh

Kolom Kosong Raih Suara Terbanyak, Soni: Pilkada Makassar Diulang 2020

MAKASSAR, INIKATA.com – Pemilihan Walikota Makassar besar kemungkinan bakal digelar kembali di tahun 2020 mendatang. Itu disampaikan Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono setelah mengetahui hasil penghitungan sementara dimenangkan oleh kolom kosong.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menjelaskan, dalam UU mengatakan, apabila kolom kosong menang dan paslon tunggal tidak mencapai 50 persen plus, berarti Pilwalkot Makassar akan diulang tahun 2020.

“Pilkada dimulai dari nol lagi,” kata Soni, Rabu (27/6/2018).

lanjut dia, masa jabatan pasangan Danny Pomanto-Syamsu Rizal akan berakhir pada Mei 2019. Selanjutnya kekosongan sebelum pilwakot ulang, penjabat wali kota Makassar akan diisi dan dipilih dari pejabat Pemprov Sulsel.

“Orang yang dipilih adalah pejabat eselon II yang senior yang dianggap mampu menangani kota. Itu andai kata jika kotak kosong menang. Ketika paslon nomor 1 menang harus dihargai juga,” ujarnya.

Dari berbagai hasil perhitungan cepat di lembaga survei, Pilwalkot Makassar dimenangkan kolom kosong dan mengalahkan paslon nomor urut 1 Appi-Cicu.

“Secara umum kan kotak kosong saya lihat di beberapa tempat. Kalau itu terbukti ya sudahlah. Apa pun, itulah hasil demokrasi pilihan rakyat yang terbaik. Karena itu segala konsekuensinya sudah diakomodasikan dalam UU,” tambahnya.

Meski begitu, Sumarsono kembali menegaskan dan meminta masyarakat menunggu hasil resmi dari KPU. Hasil quick count dari beberapa lembaga survei, bukan keputusan resmi yang menjadi pegangan menentukan siapa pemenang. (**)

Komentar

Topik Terkait