oleh

Kekalahan IYL, Pengamat: Adnan Masih Punya Peluang di Pilkada 2020

MAKASSAR, INIKATA.com – Kekalahan Ichsan Yasin Limpo (IYL) di pemilihan Gubernur kemarin, bukan merupakan akhir dari kejayaan Adnan Purichta Ichsan di Kabupaten Gowa.

Hal ini diungkapkan pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Sukri Tamma saat dihubungi via telefon seluler, Sabtu (7/7).

Menurutnya, kekalahan IYL pada Pilgub Sulsel kemarin, gaweannya beda dengan pemilihan Bupati yang akan digelar 2020 mendatang di Kabupaten Gowa.

“Kita mesti meletakkan dalam proporsi sesuai konteks. Kekalahan IYL ada pada level provinsi yang melibatkan 24 Kabupaten/Kota dengan jumlah pemilih yang besar,” kata Sukri.

Sukri bilang, Adnan berada di level kabupaten, Gowa. Pemilihnya hanya sekitar 600-an ribu orang.

“Kekalahan IYL tidak serta merta menjadi sinyal menurunnya pamor keluarga Limpo di Gowa, apalagi IYL membuktikan bahwa Gowa tetap menjadi basinya dengan kemenangan yang cukup signifikan,” imbuhnya.

Katanya, kalaupun ada pengaruhnya mungkin lebih kepada terbentuknya asumsi masyarakat bahwa IYL ternyata bisa dikalahkan dalam kontestasi pilkada jika pesaingnya adalah orang yang tepat.

“Nah, pada level Bupati Gowa saat ini tentu juga nantinya dapat diganggu dominasinya dalam kontestasi pilkada. Jika memang ada kandidat lawan yang memiliki kriteria yang lebih disukai masyarakat,” jelasnya.

Hal itu memang bukan yang mudah mengingat keluarga Limpo telah meletakkan akar kekuaasanya secara signifikan dalam benak masyarakat Gowa. (**)

Komentar

Topik Terkait