oleh

Server PPDB Down, Orang Tua Siswa Serbu Sekolah

MAKASSAR, INIKATA.com – Hari pertama pendaftaran calon siswa baru jalur domisili tingkat SMA dan SMK, banjir pendaftar, Senin, 9 Juli kemarin. Kendati begitu akibat membludak web epanrita.sulselprov.com, sulit diakses, bahkan dikabarkan server down.

Orang tua dan para calon siswa berbondong-bondong ke sekolah. Mereka mempertanyakan cara pendaftaran, karena pendaftaran via daring alias online sulit dilakukan.

Seperti yang tampak di SMAN 21 Makassar, banyak orang tua calon siswa yang datang, karena khawatir tidak bisa mendaftarkan anaknya. “Saya juga bingung, web epanrita susah diakses. Makanya kita datang ke sekolah bertanya,” ujar orang tua salah seorang calon siswa SMA 21, Prasetyo.

Kondisi yang sama juga terlihat di SMAN 17 Makassar. Banyak orang tua calon siswa yang datang ke sekolah. Ada pula memanfaatkan warnet di sekitar sekolah untuk akses pendaftaran.

Hingga sore kemarin, SMAN 17 Makassar juga belum melayani proses verifikasi berkas. Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 17 Makassar, Syamsuddin, enggan berkomentar banyak atas adanya gangguan pada hari pertama pendaftaran jalur domisili.

“Mudah-mudahan segera membaik. Saya juga belum pantau prosesnya sampai sekarang bagaimana,” kata Syamsuddin.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, menyebutkan, web pendaftaran calon siswa baru sulit dibuka lantaran banyaknya calon siswa baru yang membukanya secara bersamaan. Hingga siang kemarin, kata dia, pendaftarnya sudah mencapai 45 ribu orang.

Irman menjamin tak ada gangguan, termasuk yang coba menyerang server PPDB. “Hari pertama, semua akses bersamaan. Makanya lama waktunya dibuka. Masih ada waktu sampai 12 Juli untuk daftar jalur ini,” tambahnya. (**/Fin)

Komentar