oleh

Pilpres 2019, Mahfud Atau Airlangga Jadi Cawapres Jokowi?

INIKATA.com – Cawapres Jokowi masih dirahasiakan, entah sudah diputuskan atau belum, tak ada yang tahu. Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing, melihat, ada dua nama yang berpeluang besar menjadi penumpang mobil berplat RI 2, yakni Airlangga Hartarto dan Mahfud MD.

Emrus menilai, chemistry antara Airlangga bila disandingkan dengan Jokowi sangat pas baik ketika Airlangga berposisi sebagai Ketum Golkar maupun sebagai Menteri Perindustrian.

Ia pun mencontohkan ketika Airlangga dan Jokowi berolahraga bersama di Istana Bogor beberapa waktu lalu. Dimana saat itu Jokowi mengenakan kaus berwarna kuning yang merupakan warna Partai Golkar, sementara Airlangga mengenakan kaus putih.

“Jadi ada bertukar simbol di sana, itu menunjukkan suatu chemistry. Ini menunjukkan bahwa ada kedekatan sosiologis dan psikologis,” ujar Emrus di Jakarta, Sabtu (14/7).

Meski begitu, Emrus mengungkapkan masih adanya kelemahan pasangan ini. Pertama adalah elektabilitas Airlangga yang sampai saat ini masih jauh dibawah. Kedua, permasalahan antar-koalisi parpol pendukung pemerintah.

“Apakah partai-partai lain sebagai pengusung itu rela untuk melepas Airlangga sebagai cawapres bagi Joko Widodo karena itu menjadi karpet merah bagi Golkar nanti 2024 yang akan datang,” paparnya.

Sementara nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dinilai sebagai tokoh yang bisa mengatasi berbagai isu-isu politik identitas yang tidak produktif.

“Dia (Mahfud) adalah tokoh nasional kita, tokoh santri yang demokratis, tokoh satria modern dan mempunyai intelektual yang sangat bagus dan pluralisme,” kata Emrus.

Jadi, sambungnya, ketika nanti partai politik melakukan kompromi lalu menemui jalan buntu untuk menentukan cawapresnya, sosok Machfud MD bisa menjadi pilihan alternatif. (inikata/fajar)

Komentar