oleh

Dihadapan Kelompok Tani, DP2 Makassar Bahas Peningkatan Produktivitas Produk Pertanian

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) kota Makassar menggelar pertemuan peningkatan produktivitas produk dan mutu produk pertanian di Aula Diklat BPSDM Sulsel, Jl Cendrawasih, Makassar, Senin (30/7/2018).

Pada pertemuan ini dihadiri oleh para ketua kelompok tani, tokoh tani, dan Dinas Ketahanan Pangan Sulsel.

Dalam sambutannya, Kepala DP2 Makassar, Abdul Rahman Bando, mengatakan, pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka menyatukan persepsi dalam peningkatan produktivitas produk dan mutu produk pertanian.

“Dulu 1 Hektare (Ha) ada lahan bisa menghasilkan 6 sampai 8 ton. Tapi hanya beberapa saja. Nah, kami disini berupaya bisa melebihi dari capaian itu,” kata Rahman.

Untuk mencapai itu, para kelompok tani mesti meningkatkan produksi ditengah kemajuan teknologi.

“Harus meningkat produksinya, makanya kita mendorong supaya kelompok tani tidak berfikir bahwa sawah hanya cocok padi saja, tetapi bisa juga menanam jagung, kedelai dan kacang-kacangan,” ungkap Rahman.

Ia meminta bagi para kelompok tani agar bisa memproduksi tanaman yang bisa di konsumsi lantaran menutukan kekurangan kebutuhan rumah tangga.

“Kedepan kita berfikir bagaimana budidaya bina padi perpaduan antara budidaya ikan dan padi agar bisa meningkatkan pendapatan petani,” pungkasnya. (RRS)

Komentar

Topik Terkait