oleh

Ini Himbauan DP2 Makassar saat Pembagian Hewan Qurban

MAKASSAR, INIKATA.com – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar menghimbau kepada masyarakat dalam membeli hewan qurban agar memperhatikan kepemilikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikantong oleh para pedagang.

Kepala DP2 Makassar, Rahman Bando, mengatakan, jika tidak memiliki SKKH, kesehatan hewan qurban bukan menjadi jaminan pihaknya.

“Kepada masyarakat harus lebih cerdas memilih hewan qurban dengan cara meminta kartu kesehatan hewan qurban yang dikeluarkan pemerintah kota. Kalau pedagang tidak memiliki kartunya berarti belum diperiksa, belum dijamin kesehatannya,” ungkap Rahman, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, DP2 Makassar juga berpesan kepada seluruh panitia penyelenggara hewan qurban agar tidak menggunakan kantong kresek berwarna untuk daging hewan qurban di lebaran Idul Adha mendatang.

Katanya, penggunaan kantong kresek berwarna dapat berdampak pada kesehatan masyarakat konsumen daging hewan kurban.

“Ada beberapa imbauan dari kami, termasuk pada pendistribusian daging hewan nanti jangan gunakan kantong kresek berwarna yang nanti bisa warnanya bisa terkontamisasi dengan daging. Sehingga bukannya kita membagikan protein ke masyarakat malah membagikan penyakit,” kata Rahman.

Disamping itu, Rahman Bando juga mengimbau kepada panitia penyelenggara agar lebih memperhatikan proses penyembelian hewan kurban yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Termasuk pendistribusian daging harus tepat sasaran ke masyarakat yang benar-benar berhak menerima.

“Kemudian, saya minta kepada para pedagang dan panitia untuk tetap menjaga estetika kota, kebersihan dari tempat penjualan dan penyembelian hewan kurban harus dijaga,” pungkasnya.

“Dan imbauan ke pedagang harus proaktif memeriksakan kesehatan hewan, lalu mereka wajib meminta kartu kesehatan ke petugas, tentu petugas kami akan memberikan,” sambungnya. (Rrs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Topik Terkait