oleh

Selundupkan 23 Kontainer Pakaian Bekas, Lantamal V Amankan KM Mentari Crystal

SURABAYA, INIKATA.com – Sebuah kapal motor (KM) Mentari Crystal diamankan oleh KRI Hiu-634 karena berusaha menyelundupkan 23 kontainer pakaian dan barang bekas illegal dari luar negeri.

Danlantamal V, Laksamana Pertama TNI Edwin mengatakan, dalam menjalankan aksinya, penyelundup menggunakan modus baru yaitu melalui pelabuhan antara. “Biasanya langsung menuju pelabuhan tujuan. Namun sekarang menggunakan pelabuhan antara. Dari luar negeri berhenti ke pelabuhan Waingapu dan baru menuju ke Surabaya,” ungkapnya di kantornya, Rabu (8/8) sore.

Edwin mengatakan saat ini pihaknya melakukan pendalaman terhadap kegiatan tersebut, sekaligus melakukan pemeriksaan adanya dugaan keterlibatan pihak pihak yang membantu masuknya barang ilegal ini hingga sampai ke Surabaya.

Sementara itu, untuk proses hukum terhadap importir, kata Edwin, Importir dianggap melanggar Undang Undang Permendag. Merunut pada Undang Undang No 7 tahun 2017, kemudian Menteri Perdagangan No 51 tahun 2015 tentang larangan mengimpor barang bekas ke Indonesia. (TRE)

Komentar

Topik Terkait