oleh

Diserahkan Simbolis Oleh Taufan Pawe, 242 Napi Parepare Dapat Remisi

PAREPARE, INIKATA.com – Sebanyak 242 orang narapidana (napi) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas IIB Kota Parepare mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman, pada momen HUT RI ke-73, Jumat (17/8/2018).

Penyerahan remisi itu diserahkan secara simbolis Wali Kota Parepare, HM. Taufan Pawe, didampingi Kepala LPKA Kelas IIB, Didik Heru Sukoco.

“Hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI, negara tetap memperhatikan anak didik dan binaan. Kami sadar tempat ini kelam, tapi kami yakin negara hadir dalam pembinaan kegamaan dan kreatifitas. Selamat kepada anak didik dan binaan Lapas telah lulus penilaian sehingga mendapat remisi dari negara,” tutur Taufan Pawe, Sebelum membacakan sambutan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kepala LPKA Parepare, Didik Heru Sukoco mengatakan, 242 napi tersebut merupakan binaan yang telah memenuhi standar penilaian remisi berdasarkan aturan perundang-undangan. 242 tersebut lanjut Didik, didominasi perkara narkoba.

“Mayoritas kasus narkoba. Setiap warga binaan yang kita usulkan telah lulus dari pembinaan. Tidak dijatuhi hukuman disiplin selama di Lapas dan lulus mengikuti program kerohanian, dan kemandirian,” ungkap Didik.

Didik menguraikan, program kerohanian yang dimaksud, seperti intensif melaksanakan shalat lima waktu, shalat dhuha, baca alquran, dan sejumlah kegiatan kerohanian lainnya. Sementara untuk program kemandirian, seperti program pengembangan kreatifitas kerajinan tangan sebagai bekal saat lepas kelak.

“Ini adalah hadiah buat mereka, dengan mendapatkan pengurangan hadiah. Selain kasus narkoba, dari 242 itu ada juga kasus pencurian, kasus perlindungan anak,” jelasnya. (KLM)

Berikut rincian 242 warga binaan yang memperoleh remisi umum pada HUT RI Ke-73:

– 64 orang remisi 1 bulan
– 82 orang remisi 2 bulan
– 68 orang remisi 3 bulan
– 23 orang remisi 4 bulan
– 4 orang remisi 5 bulan
– 1 orang remisi 6 bulan
– 10 orang remisi bebas

Komentar

Topik Terkait