oleh

KPK Eksekusi Terpidana Kasus Korupsi E-KTP ke Lapas Sukamiskin

INIKATA.com — Komisi Pemberantasan Korupsi mengeksekusi terpidana kasus korupsi e-KTP Anang Sugiana Sudihardjo ke Lapas Sukamiskin. Eksekusi tersebut dilakukan atas dasar putusan Anang yang berkekuatan hukum tetap.

“Hari ini dilakukan eksekusi terhadap terpidana Anang Sugiana Sudihardjo ke Lapas Kelas I Sukamiskin berdasarkan putusan di tingkat pertama yang telah berkekuatan hukum tetap,” ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Kamis (16/8).

Sebelumnya, majelis hakim PN Tipikor Jakarta menjatuhkan vonis 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan terhadap mantan Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana pada Senin (30/7).

Selain itu, Anang diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 20,7 miliar dalam jangka waktu satu bulan setelah sidang pembacaan putusan. Apabila pidana denda tidak dibayar dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan, maka harta Anang disita untuk dilelang dan menambah hukuman pidana penjara selama 5 tahun.

Dalam pertimbangan, hakim menilai perbuatan Anang tidak mendukung pemerintah yang sedang gencar memberantas korupsi. Kejahatan korupsi adalah kejahatan luar bisa.

Kendati demikian, hakim menilai Anang bersikap sopan, belum pernah dihukum, mau mengakui kesalahan dan bersedia membayar uang pengganti yang dibebankan kepadanya.

Anang terbukti melanggar Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Inikata/Fajar)

Komentar