oleh

Dua Serangan Udara, Jet Tempur Irak Tewaskan 28 Kelompok Militan ISIS di Suriah

INIKATA.com — Tentara Irak mengklaim berhasil menewaskan 28 anggota kelompok militan ISIS melalui dua serangan udara di Suriah timur.

Para pejabat keamanan Irak seperti dimuat Al Jazeera jelang akhir pekan ini mengatakan bahwa jet tempur F-16 menargetkan pertemuan calon pembom bunuh diri yang dimaksudkan untuk menargetkan berbagai lokasi di Irak selama libur Idul Adha pekan depan.

Sekitar 20 anggota ISIL terbunuh dalam serangan udara itu, sementara delapan lainnya tewas dalam serangan kedua. Kedua target berada di dalam wilayah Suriah, dekat perbatasan Irak.

Angkatan udara Irak telah melakukan beberapa pemogokan di wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah sejak Desember, setelah Perdana Menteri Hyder al-Abadi mengumumkan kemenangan atas kelompok bersenjata itu.

ISIS diketahui pernah menguasai sebagian besar Irak dan Suriah. Pada puncaknya, kelompok ini menguasai sekitar 110.000 km persegi di kedua negara tersebut.

Pada Oktober 2017, wilayah kelompok telah berkurang menjadi sekitar 10.000 km persegi, sebagian besar di Suriah timur.

Ibukota administratif ISIS juga diketahui pernah berada di Mosul, sebuah kota di Irak barat yang dibebaskan oleh militer Irak dan milisi berkolaborasi dengan koalisi pimpinan AS pada Juli 2017 setelah pertempuran hampir setahun. (Inikata/RMOL)

Komentar

Topik Terkait