oleh

Polda Jatim Tolak Keluarkan Izin Aksi #2019GantiPresiden

SURABAYA, INIKATA.com – Polda Jatim menolak memberikan izin untuk aksi #2019GantiPresiden yang rencananya akan digelar sekelompok massa di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (26/8/2018).

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pihaknya tak akan mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) terhadap aksi tersebut. “Ini bagian dari menjaga ketertiban masyarakat terlebih dilakukan pada saat hari libur,” ungkapnya di Mapolda Jatim, Jumat (24/8/2018).

Mantan Kabid Humas Polda Sulsel tersebut juga menyebutkan, dalam UU No 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat dimuka umum dijelaskan bahwa penyampaian pendapat di muka umum tidak boleh dilakukan di hari libur.

“Kalau tetap melaksanakan mereka melanggar. Kenapa tak dilakukan hari senin atau hari lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Barung juga melihat bahwa ada eskalasi di lapangan. “Sapa tau ada kelompok lain yang mengajukan STTP untuk menolak aksi tersebut,” jelasnya.

Sekedar diketahui, elemen massa yang menamakan R.G.P (Relawan Ganti Presiden 2019 Jatim mengajukan pemberitahuan kegiatan ke Polda Jatim untuk menggelar deklarasi relawan ganti presiden (RGP) Jatim. Dalam surat tersebut disebutkan penanggungjawab aksi yaitu Milla Machmudah dengan peserta aksi lebih kurang 500 orang. (TRI)

Komentar

Topik Terkait