oleh

Pemilu 2019, Jumlah DPT Sulsel Mengalami Penyusutan Dari Pilkada 2018

MAKASSAR, INIKATA.com – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu 2019 di Provinsi Sulawesi Selatan mengalami penyusutan dari Pilgub 2018 lalu.

Pada Pilgub 2018 lalu, jumlah DPT di Sulsel mencapai 6.015.640 pemilih, namun untuk Pemilu 2019 berkurang hingga 5.972.161 pemilih. Jumlah pemilih tersebut sudah merupakan total dari DPT 24 Kabupaten/Kota.

Hal tersebut terlihat saat KPU Provinsi Sulsel melakukan rapat pleno terbuka penetapan DPT Pemilu 2019 di hotel Remcy, Jl Boulevard, Kota Makassar, Kamis (30/8/2018) malam kemarin yang dihadiri oleh KPUD Kabuparen/Kota dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas mengatakan, acuanya DPT pilkada 2018 ditambah dengan pemilih pemula.

“Ada 60 ribu lebih yang mesti kita keluarkan dulu, lalu akan kita koordinasikan dengan catatan sipil. Nanti setelah ada E-KTP nya atau surat keterangan dari catatan sipil baru kita akan masukkan lagi dalam daftar pemilih berikutnya,” pungkas Misna dihadapan awak media.

Ia juga menuturkan, kalau jumlah DPT Sulsel belum 100 persen, karena data pemilih tersebut harus berdasarkan berbasis E-KTP.

“Kita masih menggunakan DPT Pilgub yang lalu dan masing mengambil dari gabungan pilkada 2018 dan data pemilihan presiden, sehingga itu juga yang menjadi penyumbang yang belum boleh dimasukkan saat ini karena belum melakukan perekaman E-KTP,” papar Misna.

Misna menambahkan, ada sekitar 10 Kabupaten/Kota yang harus merevisi DPT-nya dari yang telah ditetapkan di Kabupaten.

“Yang harus melakukan revisi misalnya Sidrap, Wajo, Luwu Timur, Palopo dan ada beberapa lah dan pasti akan dilakukan penyisiran nanti,” pungkasnya. (Nhn)

Komentar

Topik Terkait