oleh

Dewan Optimis Pemkot Makassar Mampu Tutupi Defisit Anggaran

MAKASSAR, INIKATA.com – Dengan jumlah pendapatan 3,89 Triliun dan belanja 4,1 Triliun, Kota Makassar defisit (kekurangan) anggaran sebesar 197 Miliar.

Sehingga, Dewan Perwakilan Rakyat Daearah (DPRD) Kota Makassar tetap optimis dengan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkort) Makassar untuk menutupi defisit anggaran tersebut.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, Mario David menuturkan pihaknya optimis Pemkot Makassar dapat menutupi defisit anggaran tersebut. Apalagi, kata dia saat ini Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), terutama Badan Pendapatan Daearah (Bapenda) memiliki strategi.

“Kita yakin, kita optimis strategi pendapatan yang dilakukan khususnya Bapenda. Itu ada yang diturunkan, ada juga yang dinaikkan seperti parkir itu. Melihat perkembangan terkini,” ujarnya, Selasa (1/10/2018).

Ia juga melihat, seperti pengalaman tahun lalu bahwa seluruh pendapatn akan diselesaiakn ditriwulan terakhir.

“Dengan 9 bulan lebih, pendapatan sudah hampir diatas 60 persen, mereka (Bapenda) kan biasanya menggenjot itu ditriwulan terakhir seperti tahun yang lalu, jadi kita tetap optimislah dia bisa tutupi pasti,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, bahwa pihaknya cukup optimis, dibawah kepemimpinannya para OPD dapat menutupi defisit tersebut.

Juga dapat dilihat dengan pencapaian target OPD, bahkan ada yang surplus (kelebihan). “Target semua dicapai, bahkan ada surplus. Yang jelas, target yang ditetapkan dalam APBD itu memenuhi, yang penting itu dulu,” tukasnya.

Bahkan, Wali Kota Makassar yang berlatar belakang arsitek ini akan berusaha mengintensifkan OPD yang ada. “Sekarang kan penerimaan kita standar, kalau kita intensifikasikan lagi insya allah kita bisa dapat. Paling tidak pengefektifan juga,” pungkasnya. (NHN)

Komentar

Topik Terkait