oleh

Di Lombok, Jokowi Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah

INIKATA.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat dan memberikan bantuan langsung perbaikan rumah warga korban gempa, Minggu (2/9).

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada korban gempa di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara. Sebanyak 5.293 rumah dinyatakan rusak berat di Lombok.

Total bantuan tersebut sebesar Rp 264 miliar, masing-masing rumah yang dinyatakan berat itu diberikan stimulus sebesar Rp 50 juta, yang diterima korban gempa dengan bentuk tabungan BRI.

Bantuan bantuan itu terbagi ke dalam beberapa wilayah yaitu Kabupaten Lombok Barat 359, Kabupaten Lombok Utara 1.353, Kabupaten Lombok Timur 2.782, Kabupaten Lombok Tengah 779, Kota Mataram 20.

“Saya akan cek benar nanti, uangnya dibangunkan rumah atau tidak. Satu lagi pesan saya untuk pejabat pemerintah, jangan dipotong serupiah pun dana yang turun ke masyarakat,” tegas Jokowi.

“Masyarakat harap bersabar, untuk sementara yang diberikan dana stimulan masih sejumlah 5.293. Sisanya sekitar 70 ribuan lebih masih dalam verifikasi sesuai aturan yang berlaku,” lanjut Jokowi.

Kedatangan Jokowi untuk yang ketiga kalinya tersebut juga yaitu memantau para korban yang telah tertangani dengan baik dan mendapat pertolongan, mengecek sekolah dan rumah sakit darurat, memastikan aktivitas perekonomian berjalan lancar serta menghibur masyarakat pengungsi yang sudah berlangsung lama.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyaksikan penutupan Asian Games di tengah-tengah para pengungsi korban gempa bumi, kemeriahan di lokasi tersebut seakan mengubah rasa duka akibat bencana alam yang terjadi.(Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait