oleh

BPJS Ketenagakerjaan Melakukan Pick Up Kepada Peserta Kecelakaan Kerja

INIKATA.com – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palopo melakukan Pick Up kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di Rumah Sakit Daerah Sawerigading, Luwu, 19 September 2018.

Meli Batan merupakan aparat desa Ilan Batu Uru, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu yang sedang menjalankan tugas untuk membeli barang untuk keperluan pembangunan desa. Saat menjalankan tugas yang bersangkutan mengalami kecelakaan dijalan raya sehingga memerlukan perawatan di Rumah Sakit.

Pegawai BPJS Ketenagakerjaan berkunjung ke rumah sakit untuk mengkonfirmasi kejadian tersebut dan untuk memastikan sarana yang digunakan sesuai dengan sarana yang telah disiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Sawerigading dan memastikan seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga peserta tidak dibebankan oleh biaya perawatan.

Dikonfirmasi ditempat berbeda Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan, Hendrayanto mengatakan Meli Batan terdaftar menjadi peserta sejak 2017 bersama sejumlah perangkat desa lainnya sehingga beliau mendapat manfaat mengikuti program Jaminan Kecelakaan Kerja.

Manfaat utama perlindungan JKK ini berupa perlindungan mulai dari berangkat dari rumah ke tempat bekerja, saat bekerja dan sampai pulang kerumah, jika terjadi kecelakaan kerja, pengobatan sesuai kebutuhan medis tanpa batasan biaya, santunan pengganti upah (dilaporkan) sebesar 100% untuk 6 bulan pertama, 75% untuk 6 bulan kedua, 50% untuk selanjutnya, santunan jika mengalami kecacatan 70% x 80 bln upah yang dilaporkan (max 56x upah dilaporkan), santunan meninggal 48x upah dilaporkan, bantuan beasiswa utk 1 org anak sebesar Rp12 juta bg TK yg mengalami Kecelakaan kerja dan meninggal dunia/cacat total tetap. (**)

Komentar

Topik Terkait