oleh

China Minta AS Cabut Sanksi Pembelian Senjata dari Rusia

INIKATA.com – China geram atas langkah Amerika Serikat yang menjatuhkan sanksi setelah negeri tirai bambu itu membeli persenjataan dari Rusia.

Dikabarkan BBC (Jumat, 21/9), China menyerukan agar Amerika Serikat mencabut sanksi terhadap militernya atas pembelian jet dan rudal Rusia, bila tidak ingin menanggung konsekuensinya.

Untuk diketahui bahwa baru-baru ini China membeli 10 jet tempur Sukhoi Su-35 Rusia dan rudal S-400.

Sementara itu Amerika Serikat sendiri menilai bahwa China telah melanggar sanksi Amerika Serikat atas Moskow yang diperkenalkan atas tindakan Rusia di Ukraina dan dugaan campur tangan dalam politik Amerika Serikat.

Beijing sendiri belum bergabung dalam sanksi yang dikenakan pada Moskow oleh Amerika Serikat dan sekutu Barat sejak 2014.

Akibat sanksi baru yang dijatuhkan Amerika Serikat pada China, maka Departemen Pengembangan Peralatan China (EDD), yang bertanggung jawab untuk meningkatkan teknologi militer China, dan kepalanya, Li Shangfu, diberi sanksi karena dinilai menyelesaikan “transaksi signifikan” dengan eksportir senjata negara Rusia, Rosoboronexport.

EDD dan Li juga dimasukkan dalam Daftar Orang Yang Diblokir, yang berarti setiap aset yang mereka pegang di amerika Serikat akan dibekukan dan orang Amerika dilarang memiliki hubungan dagang dengannya.

Bukan hanya itu, EDD ditolak lisensi ekspor dan dikeluarkan dari sistem keuangan Amerika.

Washington juga memasukkan 33 orang dan entitas yang terkait dengan militer dan intelijen Rusia. (**/Rmol)

Komentar

Topik Terkait