oleh

Bakar Lahan Milik Perusahaan, Dua Warga Gowa Terancam Pidana 10 Tahun Penjara

GOWA, INIKATA.com — Dua warga gowa tepatnya di Kecamatan Manuju ini terpaksa merasakan dinginnya tembok besi Mapolres Gowa, Rabu (18/9/2018) lalu.

Keduanya, MA (68) dan RS (41) yang bekerja sebagai petani ini diamankan petugas lantaran ingin membakar hutan milik PT. Inhutani 1 yang berada di Dusun Mampu Desa Manuju, Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa.

Dari pengakuan kedua pelaku ini, ingin membuka lahan untuk dijadikan kebun jagung dan kacang kemudian memotong semua pohon yang berada di tkp, selanjutnya setelah lahan tersebut kering kemudian dilakukan pembakaran oleh keduanya.

“Saat dilakukan penyelidikan terhadap saksi kemudian ditemukan bukti yang mengarah ke kedua tersangka, MA dan RS. Kemudian pada tanggal 17 september Satreskrim Unit Tipiter Polres Gowa mengirim surat panggilan terhadap kedua pelaku sebagai saksi untuk dilakukan pemeriksaan, selanjutnya kedua saksi tersebut dinaikkan statusnya menjadi tersangka,” kata Kasat Reskrim Polres Gowa, Akp Herly Purnama saat memberikan keterangan perssnya terkait kasus tersebut di Mapolres Gowa, Senin (24/9/2018).

barang bukti yang berhasil disita berupa 2 bilah parang, 2 potongan kayu yang kini diamankan oleh Polres Gowa

 

“Setelah itu, pelaku telah dilakukan penahanan sejak 18 september 2018 dan Kasus tersebut terus dikembangkan. Kemudian kasus diungkap karena ada terjadinya kerusakan hutan milik PT Inhutani 1 Kabupaten Gowa dengan Luas lahan yang dibakar sekitar 4 hektar,” lanjutnya.

Persangkaan untuk kedua pelaki dikenakan Pasal 108 jopsl 69 ayat (1) huruf h UU NO.32 Thn 2009 Tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau Pasal 187 KUHP, dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan paling singkat 3 tahun penjara serta denda paling banyak Rp. 10 M dan paling sedikit Rp. 3 M.

Sementara itu, barang buktinya berupa 2 bilah parang, 2 potongan kayu kini diamankan oleh Polres Gowa, atas perbuatannua kedua pelaku kini menjalani proses hukum di Mapolres Gowa. (**)

Komentar

Topik Terkait