oleh

Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Sulsel dan Bawaslu Luwu Timur Gelar Sosialisasi

LUWU TIMUR, INIKATA.com- Guna mendukung kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama Bawaslu Luwu Timur menggelar sosialisasi pengawasan. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Serba Guna, Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Kamis (27/09/2018) melibatkan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Partai Politik (Parpol) dan Media Massa sebagai peserta sosialisasi.

Pimpinan Bawaslu Sulsel, yang diwakili oleh Kasubag Teknis Pengawasan dan Potensi Pelanggaran (TP3) Bawaslu Sulsel, Zulkifli mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menjalin koordinasi Bawaslu OMS, Parpol dan Media Massa agar bisa berperan aktif dalam mengawal Pemilu 2019 yang berintegritas.

Menurutnya, sosialisasi pelibatan elemen masyarakat dalam pengawasan Pemilu menjadi penting demi terwujudnya Pemilu berkualitas secara formal di semua tingkatan. Sebab, Undang-Undang (UU) memberi amanat untuk mengawasi Pemilu 2019.

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didaulat menjadi narasumber yang bertemakan “Peran Aktif Pemerintah Dalam Menyukseskan Pemilu 2019”.

Dalam materinya, Husler mengatakan, kesuksesan Pemilu tidak hanya dari penyelenggara semata, tapi harus didukung seluruh komponen yang ada untuk bersama-sama ikut mengawasi jalannya proses Pemilu.

Selain Bupati, Dua komisioner Bawaslu Sulsel, hadir memberikan materi tentang pengawasan Pemilu. Yakni Amrayadi selaku Komisioner Divisi Pengawasan, dan Asriadi selaku Komisioner Divisi Sengketa Bawaslu Sulsel serta Pembina Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR), Abdul Karim.

Dalam acara ini juga dihadiri para anggota Bawaslu Luwu Timur selaku fasilitator tersenggaranya sosialisasi kepemiluan tersebut.

“Semua Media Massa, Parpol dan OMS kita undang mengikuti acara ini. Karena bagi kami, mereka adalah bagian terpenting dalam partisipatif berjalannya kepemiluan, khususnya dalam pengawasan Pemilu 2019 mendatang,” kata Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja. (Asril)

Komentar

Topik Terkait