oleh

Piala Asia U-16 2018, Tuan Rumah Malaysia Tidak Masuk Perempat Final

INIKATA.com – Enam negara telah menggenggam tiket perempat final Piala Asia U-16 2018. Mereka memastikannya pada Kamis (27/9).

Namun, perempat final dipastikan tanpa tuan rumah Malaysia. Mereka gagal melaju setelah pada laga terakhir grup kalah dari Jepang.

Keenam negara tersebut adalah Jepang dan Tajikistan (Grup A), Korea Utara dan Oman (Grup B), serta Indonesia dan India (Grup C). Tiket tersisa tinggal dua slot dari Grup D.

Grup D sendiri baru memainkan laga pamungkas pada Jumat (28/9) sore nanti. Korea Selatan saat ini memimpin klasemen sementara dengan 6 poin, disusul Australia dengan 3 poin yang unggul head to head dari Irak. Pada laga pamungkas, Korsel akan menghadapi Irak dan Australia melawan Afghanistan.

Peluang besar ada di Korsel dan Australia. Keduanya memiliki kualitas permainan di atas lawan-lawannya. Meski begitu, segalanya masih bisa terjadi.

Kekecewaan melanda kubu tuan rumah. Malaysia U-16 yang pada laga pertama meraih kemenangan besar 6-2 atas Tajikistan harus tersingkir.

Bahkan, tim asuhan Lim Teong Kim itu harus meratapi nasib berada di posisi buncit klasemen akhir Grup A. Pada laga kedua mereka kalah 2-4 dari Thailand dan laga terakhir kalah 0-2 dari Jepang.

Kejutan diciptakan oleh Tajikistan yang mampu mendampingi Jepang ke perempat final. Pada laga terakhir, tim asuhan Zaynidin Rakhimov mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Dari Grup B, Korea Utara sukses menjadi pemuncak grup. Pada laga terakhir menang 3-1 atas pesaing terdekat, Oman. Namun, Oman tetap lolos sebagai runner-up karena Jordan justru kalah dari Yaman dengan skor 1-5.

Di Grup C, sesuai prediksi, Indonesia dan India bermain imbang. Dengan hasil itu, kedua tim melaju ke perempat final. Indonesia menjadi juara grup karena unggul dalam selisih gol.

Sementara kemenangan telak Iran atas Vietnam dengan skor 5-0 tak berarti karena mereka tetap gagal melaju ke perempat final. (**/Fajar.co.id)

Tim yang Sudah Lolos Perempat Final Piala Asia U-16 2018:

1. Jepang
2. Tajikistan
3. Korea Utara
4. Oman
5. Indonesia
6. India

loading...

Komentar