oleh

BPJS Ketenagakerjaan Sasar Jemaat Gereja

INIKATA.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi kepada jamaat gereja Santo Fransiskus Xaverius di Desa Lengkong Palopo, Minggu, 14 Oktober 2018.

Sosialisasi dilakukan kepada jemaat gereja Santo Fransiskus Xaverius agar lebih mengenal program BPJS Ketenagakerjaan dan maanfaatnya serta dapat menjadi peserta. Jumlah jamaat gereja tersebut kurang lebih 100 jamaat.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palopo, Hendrayanto mengatakan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat bahwa BPJS Ketenagakerjaan dulu namanya PT Jamsostek dan sekarang BPJS Ketenagakerjaan memilik 4 program. Program BPJS TK juga melindungi jamaat yang mempunyai usaha atau penghasilan sendiri tanpa kerja diperusahaan.

Seperti diketahui bahwa banyak masyarakat yang kerjanya bukan diperusahaan atau PNS tapi kerja secara mandiri dan pekerjaan secara mandiri pun dilindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan seperti pedagang, petani, nelayan, tukang ojek, supir angkot dll karena masih banyak masyarakat yang berpendapat bahwa program BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk pekerja yang terdaftar di perusahaan tambah Hendrayanto.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 program Jaminan Kecelakaan kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Manfaat jaminan JKK memberikan manfaat layanan antara lain biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, pengobatan di PLKK sampai dengan sembuh, santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat hingga 56 kali gaji terlapor, santunan kematian akibat kecelakaan kerja hingga 48 kali gaji terlapor dan beasiswa bagi satu orang anak dari peserta yang meninggal dunia karena kecelakaan kerjan.

Manfaat Jaminan kematian berupa santunan sebesar Rp24 juta serta beasiswa untuk 1 orang anak sebesar Rp12 juta.

Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus.

Manfaat pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia. (RILIS)

Komentar

Topik Terkait