oleh

Ciptakan Pemilu Aman dan Damai, Bawaslu Sulsel Identifikasi TPS Rawan

MAKASSAR, INIKATA.com – Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan lokasi seluruh masyarakat berpartisipasi langsung dalam proses demokrasi. Memberikan suara merupakan hak dan kewajiban yang harus diakomodir oleh negara sebagai penyelenggara Pemilu.

TPS yang aman dan jujur merupakan keinginan dan di idam-idamkan seluruh masyarakat. Untuk itu, Bawaslu Sulsel telah mengidentifikasi TPS rawan.

Langkah identifikasi tersebut merupakan gerakan Bawaslu Sulsel atas sikap kewaspadaan dalam pagelaran Pileg dan Pilpres 2019.

“Ya pasti ini patut diwaspadai, kami sudah mengidentifikasi TPS rawan,” ungkap Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi di Makassar, Sabtu (13/10/2018).

Laode Arumahi menjelaskan, pihaknya menggunakan beberapa metode pendekatan dalam melihat TPS yang teridentifikasi rawan. Misalnya soal desa terpencil, dan pulau-pulau.

“Jadi TPS rawan pemilu menggunakan beberapa variabel mulai dari jumlah pemilih yang cukup besar, di pulau-pulau, desa terpencil, akurasi data pemilih, hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas KPPS ,dan aparatur sipil negara,” jelas Laode Arumahi.

Meski telah teridentifikasi, Laode Arumahi menyebutkan, pihaknya belum melakukan pendataan terhadap TPS rawan tersebut.

“Waktunya masih agak lama. Tapi pada akhirnya akan kami rinci. Yang jelas TPS rawan itu yang berpotensi terjadi kecurangan,” tutup Laode Arumahi. (Nhn)

Komentar